Viral Cahaya Misterius Muncul di Langit Sebelum Gempa Maroko, Simak Faktanya

Mia Chitra Dinisari
Senin, 11 September 2023 | 14:00 WIB
Citra satelit menunjukkan bangunan runtuh akibat gempa maroko dahsyat di Amizmiz, 10 September 2023. Maxar Technologies/Handout via REUTERS
Citra satelit menunjukkan bangunan runtuh akibat gempa maroko dahsyat di Amizmiz, 10 September 2023. Maxar Technologies/Handout via REUTERS
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gempa Maroko magnitudo 6,8 yang melanda pada 8 September 2023 waktu setempat menewaskan lebih dari 2.000 orang.

Hingga saat ini proses pencarian korban masih dilakukan, karena banyaknya bangunan yang roboh.

Namun, ketika korban terus bertambah, muncul isu fenomena aneh terjadi di langit Maroko sebelum gempa mematikan itu.

Video dan gambar mulai bermunculan di media sosial beredar video cahaya biru misterius muncul di langit di kota Agadir di Maroko.

Cahaya biru misterius itu terekam oleh kamera CCTV yang dipasang di rumah seseorang.

Teori spekulatif mulai bermunculan.

Ini bukan pertama kalinya cahaya seperti itu terekam tepat sebelum gempa bumi dahsyat terjadi.

Fenomena serupa juga terjadi sebelum gempa bumi dahsyat di Turki pada bulan Februari.

Petir ini dikenal sebagai Earthquake Lights (EQL), biasanya muncul di dekat tekanan tektonik, aktivitas seismik, atau wilayah dengan letusan gunung berapi aktif.

Yang mengherankan, mereka telah dapat diamati selama ribuan tahun, dan kemunculan pertama mereka dilaporkan terjadi pada tahun 89 SM.

Dilansir dari USGS, EQL adalah fenomena seperti kilatan lembaran, bola cahaya, pita, dan cahaya tetap, yang dilaporkan berhubungan dengan gempa bumi.

Para ahli geofisika berbeda pendapat dalam hal sejauh mana mereka berpikir bahwa laporan individu tentang pencahayaan yang tidak biasa di dekat waktu dan pusat gempa sebenarnya mewakili EQL.

Beberapa ragu bahwa laporan mana pun merupakan bukti kuat untuk EQL, sedangkan yang lain berpendapat bahwa setidaknya beberapa laporan masuk akal.

Hipotesis berbasis fisika telah diajukan untuk menjelaskan kelas laporan EQL tertentu, seperti laporan yang berada di sekitar patahan penyebab pada saat gempa besar.

Di sisi lain, beberapa laporan mengenai EQL ternyata dikaitkan dengan aliran listrik yang berasal dari guncangan saluran listrik.

Penyebab EQL

Menganalisis 65 kejadian cahaya gempa untuk mengetahui polanya dalam studi tahun 2014, Freund dan rekannya berteori bahwa cahaya disebabkan oleh muatan listrik yang diaktifkan pada jenis batuan tertentu selama aktivitas seismik, "seolah-olah Anda menyalakan baterai di kerak bumi."

Batuan basal dan gabbro, misalnya, memiliki cacat kecil pada kristalnya yang dapat melepaskan muatan listrik ke udara. Para ilmuwan memperkirakan, kondisi yang memungkinkan terjadinya cahaya ini terjadi pada kurang dari 0,5 persen gempa bumi di seluruh dunia.

Hal ini menjelaskan mengapa gempa bumi tersebut relatif jarang terjadi. Mereka juga mencatat bahwa cahaya gempa lebih sering muncul sebelum atau selama gempa, dibandingkan setelahnya.

Sebuah studi sebelumnya mengusulkan bahwa tekanan tektonik menciptakan apa yang disebut efek piezoelektrik, di mana batuan yang mengandung kuarsa menghasilkan medan listrik yang kuat ketika dikompresi dengan cara tertentu.

Namun salah satu komplikasi dalam mempelajari cahaya gempa adalah, tentu saja, cahaya tersebut tidak dapat diprediksi dan berumur pendek. Dalam upaya untuk mengatasi hal ini, beberapa ilmuwan telah mencoba menciptakan kembali fenomena tersebut di laboratorium.

Dalam sebuah penelitian yang dipimpin oleh seorang ahli fisika di Universitas Rutgers New Jersey dan diterbitkan pada tahun 2014, butiran bahan yang berbeda tepung, cakram plastik, plester menghasilkan lonjakan tegangan saat diaduk. Para ilmuwan mengaitkan efek ini dengan gesekan antar butiran, yang bertentangan dengan teori piezoelektrik dan teori Freund.

Selama teori-teori ilmiah yang saling bertentangan muncul, perdebatan tentang penyebab gempa bumi masih terus berlanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper