Juni-Agustus 2023 Rekor Bulan Terpanas di Bumi Sepanjang Sejarah

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 10 September 2023 | 09:00 WIB
Suhu panas
Suhu panas
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bumi baru saja mengalami musim panas terpanas dalam sejarah, menurut data yang dirilis Rabu (6 September) oleh Organisasi Meteorologi Dunia (WMO).

Juni hingga Agustus 2023 adalah bulan-bulan terpanas dan merupakan tanda lain bahwa perubahan iklim sedang terjadi.

Suhu permukaan laut global memecahkan rekor baru setiap bulan berturut-turut, sementara luas es laut di Antartika masih berada pada rekor terendah sepanjang tahun ini.

“Planet kita baru saja mengalami musim panas – musim panas terpanas yang pernah tercatat,” kata Sekretaris Jenderal PBB António Guterres dilansir dari Livescience.

Musim panas ditandai dengan gelombang panas yang tiada henti di seluruh dunia. Pada bulan Juli, banyak negara – termasuk AS, Meksiko, Spanyol dan Tiongkok mengalami rekor panas nasional, dengan lebih dari 200 kematian terkait panas dilaporkan di Meksiko saja.

Suhu permukaan laut global sangat tinggi selama lima bulan terakhir dan tetap berada pada rekor tertinggi sepanjang bulan April, Mei, Juni, dan Juli 2023. Pada bulan Agustus 2023, suhu permukaan laut mencapai 69,76 derajat Fahrenheit (20,98 derajat Celsius), melampaui rekor panas sebelumnya pada bulan Maret 2016 setiap hari pada bulan itu.

Menurut data WMO, Agustus tahun ini adalah rekor terpanas "dengan margin besar" dan bulan terpanas setelah Juli 2023. Gabungan suhu permukaan daratan dan lautan pada bulan tersebut adalah 2,7 F (1,5 C) lebih tinggi dibandingkan tahun 1850 hingga 1900. rata-rata.

Para ilmuwan telah lama memperingatkan dampak dari kecanduan bahan bakar fosil. 

Namun dalam jangka pendek, kondisi ini bisa menjadi lebih buruk seiring terbentuknya El Niño.

“Perlu dicatat bahwa hal ini terjadi sebelum kita melihat dampak pemanasan penuh dari peristiwa El Niño,” kata Sekretaris Jenderal WMO Petteri Taalas dalam pernyataannya.

El Niño adalah pola cuaca di mana perairan hangat berada di lepas pantai Pasifik Amerika Selatan, yang sering kali menyebabkan suhu global lebih hangat dan kejadian cuaca ekstrem.

Gelombang panas, kebakaran, dan banjir kemungkinan akan meningkat seiring dengan berkembangnya kondisi El Niño di wilayah tropis Pasifik untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun.

Menurut WMO, terdapat kemungkinan 90% peristiwa pemanasan laut akan terus berlanjut sepanjang paruh kedua tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper