Jadikan Beban Keuangan Lebih Ringan, Ini 4 Keuntungan Kredit HP

Media Digital
Kamis, 7 September 2023 | 19:09 WIB
Ilustrasi smartphone dengan performa baterai terbaik/GSM Arena
Ilustrasi smartphone dengan performa baterai terbaik/GSM Arena
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda pernah dihadapkan pada situasi membingungkan, di mana harus memilih untuk membeli smartphone dengan cara kredit atau bayar tunai? Jika pernah, Anda bukanlah satu-satunya orang yang pernah merasakannya. Pasalnya, membeli HP dengan cara kredit dan cash memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan, pun kondisi keuangan.

Idealnya, jika dananya tersedia, lebih baik membeli HP secara tunai dibanding kredit. Dalam catatan, kondisi keuangan tengah terlindungi oleh dana darurat, serta kebutuhan penting lain tetap mampu terpenuhi. Tapi, jika memang dananya belum tersedia, tidak ada salahnya untuk mengajukan kredit HP, terutama jika gawai tersebut dibutuhkan untuk bekerja dan menunjang produktivitas.

Sebab, dalam kondisi tertentu, kenyataannya mengajukan kredit HP bisa memberi lebih banyak keuntungan dan manfaat dibanding membelinya secara cash. Tidak percaya?

Berikut adalah 4 keuntungan mengajukan kredit HP daripada cash yang penting untuk diketahui.

  1. Bisa Segera Menjadi Sarana Meningkatkan Produktivitas dan Penghasilan
    Seperti yang sempat dijelaskan sedikit sebelumnya, saat ini telepon genggam atau HP tidak hanya menjadi alat untuk berkomunikasi saja. Melainkan, ada banyak fitur dan aplikasi pada ponsel pintar yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas, memudahkan pekerjaan, hingga mendapatkan penghasilan.

    Karenanya, ketika diharuskan untuk mengganti smartphone baru atau melakukan upgrade fitur, ada baiknya untuk segera mengajukan kredit HP agar produktivitas tidak terganggu. Sebagai contoh, tidak sedikit orang membutuhkan smartphone dengan spesifikasi tinggi untuk bisa membuat konten melalui gawai tersebut.

    Jika gawai yang dimiliki saat ini sudah mulai melambat dan mengganggu aktivitas tersebut, tentu membeli HP baru dengan segera menjadi langkah yang bijak untuk dilakukan, bukan? Kalaupun tabungan belum mencukupi untuk membelinya, ajukan saja kredit HP iPhone, Samsung, atau lainnya dengan tetap menyesuaikan kemampuan bayar agar produktivitas tetap terjaga dan tak menghambat sumber penghasilan Anda.

  2. Lebih Mudah Atur Arus Kas agar Kondisi Keuangan Terjaga
    Banyak orang menghindari layanan pinjaman, termasuk kredit HP, karena akan dibebankan dengan tanggungan cicilan. Padahal, dengan layanan kredit tersebut, Anda bisa mendapatkan keuntungan tambahan berupa cicilan bunga rendah bahkan 0 persen, diskon dan cashback, serta beragam promo menarik lainnya. Jadi, pengelolaan keuangan bisa menjadi lebih mudah dilakukan ketika mengajukan kredit tersebut.

    Sebenarnya, dalam kondisi yang telah dijelaskan sebelumnya, mengajukan kredit HP menjadi langkah yang sah-sah saja dilakukan. Terlebih jika tabungan dana darurat tetap tersedia untuk mengantisipasi risiko masalah keuangan yang muncul secara tiba-tiba. Yang terpenting, pastikan jika beban cicilannya mampu dijangkau keuangan dan berada pada kategori rasio yang aman.

    Banyak perencana keuangan menganjurkan jika beban cicilan atau kredit tidak boleh lebih dari 30 persen gaji bulanan. Misalnya, dengan penghasilan 5 juta per bulan, jangan coba-coba mengajukan kredit atau pinjaman dengan beban cicilan melebihi angka 1,5 juta. Sebab, hal tersebut bisa memicu masalah finansial serius dan kesulitan untuk bisa memenuhi tagihan cicilan sekaligus kebutuhan lain yang tak kalah pentingnya.

  3. Menjadi Sarana untuk Meningkatkan Skor Kredit
    Keuntungan lainnya dari mengajukan kredit HP adalah Anda bisa menjadikannya sebagai sarana untuk meningkatkan skor kredit. Selayaknya layanan pinjaman lainnya, kredit HP juga akan tercatat pada BI Checking atau SLIK OJK, dan mampu membangun skor kredit jika rutin membayar cicilannya tepat waktu.

    Tapi, sebaliknya, jika sering terlambat membayar tagihan, atau bahkan mengalami kredit macet, skor kredit akan menurun dan mempersulit Anda untuk mengajukan pinjaman di waktu mendatang.

  4. Menghindari Pengeluaran Besar dan Kemudahan Mencatat Transaksi

    Terakhir, dengan mengajukan kredit HP, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yakni menghindari pengeluaran besar yang bisa membuat kondisi keuangan kurang optimal. Misalnya, jika memaksakan diri untuk membeli smartphone incaran hingga menghabiskan seluruh isi tabungan, Anda tidak lagi memiliki dana darurat yang bisa digunakan untuk mengantisipasi risiko masalah keuangan mendesak.

Di samping itu, karena membagi pengeluaran untuk membeli HP dalam beberapa kali pembayaran, bisa sampai 12 bulan, Anda lebih mudah untuk mengevaluasi kondisi finansial. Sebab, seluruh catatan transaksi dari aktivitas kredit tersebut terekam pada tagihan kredit. Utamanya, asal membatasi beban cicilan dari seluruh aktivitas kredit di bawah 30 persen gaji bulanan, kondisi keuangan akan tetap terjaga dan tanggungan lain masih akan bisa ditangani dengan lancar.

Kredit HP Bisa Beri Banyak Manfaat saat Digunakan dengan Tepat dan Bijak

Sudah menjadi stigma yang melekat di masyarakat jika mengajukan pinjaman, termasuk kredit HP, merupakan langkah finansial yang buruk dan sebaiknya dihindari. Padahal, jika dilakukan dengan pertimbangan dan perhitungan yang tepat, kredit HP bisa memberi beragam manfaat, seperti 4 keuntungan yang telah dijelaskan di atas. Yang terpenting, ketika mengambil langkah ini, sesuaikan harga HP yang diincar dan beban cicilan dengan kemampuan bayar agar tak malah menjadi bumerang bagi kondisi keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper