OpenAI Perkenalkan Plugin Canva di ChatGPT, AI Percakapan Berlangganan

Redaksi
Selasa, 5 September 2023 | 21:44 WIB
Kecerdasan buatan. /Youtube
Kecerdasan buatan. /Youtube
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – OpenAI memperkenalkan plugin Canva untuk ChatGPT, yang menyederhanakan proses pembuatan konten visual untuk bisnis dan wirausaha.

AI menawarkan plugin Canva unik yang hanya tersedia secara eksklusif di ChatGPT Plus dengan model AI percakapan berbasis langganan.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat desain, tabel, bagan, gambar, dan video pendek yang lebih efisien dari input teks. Khusus untuk industri pemasaran sosial, menyediakan alat desain digital yang dapat diakses oleh bisnis.

Sebelum plugin ini diperkenalkan, integrasi Canva dengan ChatGPT dapat dilakukan, namun hal ini memerlukan proses manual atau cukup menggunakan AI Tools langsung dari Canva.

Namun, plugin Canva baru untuk ChatGPT akan memungkinkan pengguna membuat gambar melalui perintah teks, sehingga meningkatkan efisiensi desain.

Anda dapat mengakses fitur baru ini dengan menggunakan ChatGPT di browser web dan menavigasikan ke Plugin Store di bagian plugin. Setelah instalasi, Anda dapat memilih Canva dari menu plugin di antarmuka utama ChatGPT.

Untuk membuat desain, Anda perlu memasukkan permintaan Anda di kotak prompt ChatGPT. AI kemudian menghasilkan serangkaian opsi visual berdasarkan masukan tersebut.

Sebagai contohnya, Anda bisa meminta desain untuk spanduk Twitter (X) maupun postingan di media sosial. Setelah memilih desain, Anda akan dibawa ke antarmuka Canva untuk pengeditan dan penyempurnaan lebih lanjut. Dan ketika desain sudah selesai, Anda dapat mendownload dan membagikannya.

Hal ini sangat menarik jika digabungkan dengan fitur konversi ChatGPT menjadi generator thumbnail untuk video YouTube.

Untuk mulai menikmati fitur baru ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sederhana berikut:

1. Integrasi

Mulailah dengan membuka ChatGPT di browser Anda. Kemudian navigasikan ke bagian plugin dan cari Plugin Store.

2. Instalasi

Langkah selanjutnya adalah mencari plugin Canva di Plugin Store. Anda dapat menginstalnya secara langsung. Setelah instalasi berhasil, kembali ke halaman utama. Sekarang Anda dapat menemukan Canva untuk ditambahkan ke bagian plugin Anda.

3. Pengajuan Permintaan

Kini Anda bisa mengkomunikasikan persyaratan desain Anda ke ChatGPT secara langsung. Setelah itu, ketik permintaan Anda di kotak prompt chatbot dan silahkan tunggu.

4. Seleksi

Setelah dikirimkan, ChatGPT akan menampilkan serangkaian gambar berdasarkan komentar. Silakan pilih kategori dengan mengklik link di atas template pilihan Anda.

5. Pengeditan dan Unduh

Langkah terakhir, seleksi akan membawa Anda ke Canva. Antarmukanya familier bagi kebanyakan orang, tempat Anda dapat mengedit dan menyelesaikan desain. Jika Anda puas dengan hasilnya, silakan klik tombol bagikan dan pilih opsi unduh.

Sebagai informasi, seperti dikutip mpost.oi, keputusan Open AI untuk mengintegrasikan Canva dengan ChatGPT adalah bagian dari upaya berkelanjutan mereka untuk meningkatkan kemampuan chatbot, menyediakan alat fleksibel yang merespons untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda.

Inisiatif ini didorong oleh persaingan dari model AI mutakhir lainnya di industri, seperti Claude AI dan Google Bard. Keduanya secara aktif mengembangkan sistem plugin mereka sendiri.

Selain itu, pengaruh Canva pada bidang desain grafis sangat besar karena membuat alat desain dapat diakses oleh semua orang. Namun, perkembangan terbaru ini membawa aksesibilitas selangkah lebih maju, sehingga memungkinkan pembuatan desain yang terlihat profesional dengan cepat.

Oleh karena itu, terdapat tambahan penting antara lain Magic Write yang didukung OpenAI, Text to Image, Magic Eraser sebagai alat yang menggunakan AI untuk menghapus elemen gambar yang tidak diinginkan, Magic Edit dan Translate yang dapat membantu membantu mengadaptasi desain dalam berbagai bahasa. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper