Instagram, YouTube hingga Microsoft 365 Banjir Keluhan Pengguna Juni 2023

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 31 Agustus 2023 | 11:22 WIB
Logo TikTok, Spotify, Twitter, dan Instagram/unsplash
Logo TikTok, Spotify, Twitter, dan Instagram/unsplash
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Downdetector, platform online pemantau status berbagai situs web dan layanan, melaporkan bahwa Instagram tercatat sebagai platform yang paling banyak mendapat laporan gangguan di dunia dalam 6 bulan pertama 2023.

Platform milik Meta tersebut mendapat banyak keluhan dari pengguna. Selain Instagram, platform lain yang juga sering dikeluhkan adalah YouTube, EA hingga Microsoft 365.

Downdetector mengungkapkan perusahaan menerima banyak laporan pemadaman di beberapa aplikasi yang membuat pengguna di dunia kesulitan selama paruh pertama tahun 2023, dalam mengakses layanan tersebut.

Paling banyak laporan berasal dari pengguna Instagram, Spotify, hingga Microsoft 365. 

Berikut Rangkuman 10 Pemadaman Aplikasi Global Terbesar pada 2023 dan Dampaknya Terhadap Pengguna:

1. Instagram, 21 Mei 2023

Instagram menerima pukulan terbesar pada paruh pertama 2023 karena mengalami pemadaman layanan terbesar dalam daftar Downdetector. Mulai sekitar jam 10 malam waktu universal terkoordinasi (UTC) dan berakhir sekitar jam 2 pagi UTC, pengguna tidak dapat menyukai foto, meluncur ke DM, atau bahkan menelusuri konten yang menarik perhatian mereka. 

Lebih dari 2,4 juta pengguna di seluruh dunia melaporkan masalah dengan raksasa media sosial tersebut, menjadikannya gangguan terbesar pada 2023 sejauh ini.

2. Reddit, 14 Maret 2023

Reddit berada di urutan kedua dalam daftar pemadaman global terbesar pada paruh pertama 2023. Lebih dari 1,2 juta pengguna di seluruh dunia tidak dapat membalas pengguna lain atau memberikan suara negatif pada tanggapan buruk di r/AskReddit sehingga mereka membuka Downdetector untuk melaporkan bahwa Reddit mengalami masalah. 

Laporan membanjiri mulai sekitar jam 7 malam UTC dan semuanya kembali aktif dan berjalan secara global 6 jam kemudian, sekitar jam 1 pagi UTC.

3. Spotify – 14 Januari 2023

Pengguna Spotify melaporkan lebih dari 489.000 masalah di Downdetector pada akhir Januari setelah mengalami pemadaman besar-besaran. Pengguna di seluruh dunia terjebak tanpa musik, podcast, dan sekarang buku audio saat layanan kembali aktif dan berjalan.

Secara keseluruhan, layanan mencapai laporan puncak sekitar jam 6 sore. sampai jam 8 malam. UTC, dengan beberapa pengguna mengalami masalah yang berkepanjangan selama beberapa jam.

4. Roblox – 28 Januari 2023

Satu hal yang jelas dalam daftar ini adalah bahwa para gamer menganggap serius gangguan permainan.

Pemain yang frustrasi mengalami gangguan permainan pada Sabtu malam, karena masalah koneksi server dan game. Lebih dari 470.000 laporan dikirimkan ke Downdetector pada tanggal 28 Januari, yang mengakibatkan pemadaman game terbesar pada 2023 sejauh ini.

5. Diablo – 8 Juni 2023

Koneksi server terputus untuk game Diablo pada hari Kamis, 8 Juni. Hal ini menyebabkan lebih dari 338.000 gamer berteriak di depan layar mereka pada hari kerja. Laporan mencapai puncaknya pada jam 8 malam UTC, berlangsung sepanjang malam hingga pukul 12 pagi UTC.

6. Steam – 25 Juni 2023

Steam, salah satu distributor video game terpopuler, mengalami gangguan layanan pada hari Minggu, 25 Juni. Lebih dari 308.000 pengguna melaporkan masalah dengan situs web, terutama karena masalah koneksi server dan login. Laporan mencapai puncaknya sekitar jam 11 malam UTC, mengganggu rencana permainan larut malam yang penting bagi para pemain.

7. YouTube – 9 Februari 2023

Tidak ada video kucing, Vine lama, vlog, atau tantangan Mr. Beast yang dapat ditonton pada 9 Februari ketika lebih dari 300.000 pengguna membuka Downdetector untuk melaporkan masalah streaming video di YouTube. Terdapat jumlah laporan yang sama dari pengguna yang tidak dapat mengakses situs web dan aplikasi seluler.

8. EA – 4 Mei 2023

Sejumlah akun dan game EA tidak aktif pada 4 Mei 2023, sehingga pemain tidak dapat terhubung ke server atau masuk ke akun mereka.

Beberapa pemain EA tidak dapat mengakses akun mereka sepanjang hari, dengan sebagian besar laporan masuk antara jam 9 pagi UTC hingga jam 6 sore. UTC. Secara total, lebih dari 298.000 pemain melaporkan masalah.

9. Microsoft 365 – 25 Januari 2023

Lebih dari 240.000 pengguna Microsoft 365 melaporkan kesulitan mengakses alat bisnis dan pendidikan selama pemadaman besar-besaran pada bulan Januari.

Rangkaian produk Microsoft terkena dampaknya, termasuk Teams, Outlook, OneDrive for Business, Sharepoint Online, Exchange Online, dan Microsoft Graph. 

Laporan dimulai pada pukul 7 pagi waktu universal terkoordinasi (UTC) dan berlanjut sepanjang hari, melambat sekitar pukul 7 malam. UTC, mengganggu jam kerja pagi di seluruh dunia.

10. League of Legends – 13 Mei 2023

Pemain League of Legends di seluruh dunia bergegas ke Downdetector untuk melaporkan masalah gameplay selama gangguan layanan besar pada pertengahan Mei. Jam demi jam sepanjang hari, pengguna mencatat kesulitan dalam mengakses game, dengan total hampir 200.000 laporan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper