ASUS: Teknologi Bukan Beban Investasi Buat Pelaku UMKM

Rio Sandy Pradana
Senin, 28 Agustus 2023 | 21:10 WIB
Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id
Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku UMKM dinilai harus menjadikan teknologi sebagai sarana untuk mempermudah aktivitas bisnis dan memperluas pasar alih-alih beban investasi.

Director of Commercial Product ASUS Indonesia Yulianto Hasan mengatakan teknologi kini bisa dikatakan telah menjadi salah satu pilar penting dalam menghadapi tantangan di dunia bisnis.

Menurutnya, tidak hanya bisnis besar atau enterprise, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga perlu mengikuti perkembangan dan memanfaatkan teknologi.

"Teknologi tidak hanya hadir sebagai sarana untuk mempermudah para pelaku bisnis, tetapi juga dapat membuat aktivitas bisnis menjadi lebih produktif serta meningkatkan nilai dari bisnis itu sendiri," katanya dalam siaran pers, Senin (28/8/2023).

Dia menuturkan para pelaku UMKM, sudah saatnya untuk memandang teknologi bukan sebagai beban investasi, melainkan sebagai investasi masa depan yang berpotensi memberikan return on investment (ROI) yang signifikan.

Teknologi dan UMKM memiliki kolerasi yang sangat erat di era modern saat ini. Sebuah UMKM dapat berkembang pesat ketika mampu memanfaatkan teknologi dengan baik. Sebaliknya, sebuah UMKM juga bisa terpuruk karena lambat dalam beradaptasi dalam mengadopsi teknologi.

"Ketika berbicara tentang UMKM, seringkali yang terlintas adalah bisnis dengan operasional sederhana dan terbatas pada skala lokal," katanya.

Dalam dunia bisnis yang dinamis, UMKM harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman untuk tetap relevan dan kompetitif. Salah satu kunci adaptasi tersebut adalah dengan memaksimalkan peran perangkat teknologi.

Dia menyebutkan sejumlah manfaat yang bisa diperoleh UMKM antara lain, bisnis menjadi lebih efisien, akses pasar lebih luas, mudah mendekatkan diri dengan konsumen, dan membuat transaksi lebih aman.

Yulianto pelaku UMKM bisa memanfaatkan laptop untuk meningkatkan produktivitas bisnis dibandingkan dengan komputer desktop. Ukurannya yang ringkas bisa memungkinkan pelaku bisnis untuk bekerja di mana saja.

Dia menyebut salah satu laptop yang menjadi rekomendasi untuk UMKM adalah ASUS ExpertBook P1 (P1412). Dibekali dengan pilihan prosesor Intel® Core™ i3 sampai Intel® Core™ i7, gawai tersebut memiliki NanoEdge display dan layar dengan sudut pandang hingga 178°.

Selain itu, laptop memiliki RAM DDR4-3200MHz berkapasitas hingga 24GB and masih bisa di-upgrade.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper