Indosat (ISAT) Manfaatkan IDE Dukung Digitalisasi UMKM

Crysania Suhartanto
Senin, 7 Agustus 2023 | 21:32 WIB
Karyawan beraktivitas di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (28/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (28/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison berupaya untuk terus mendorong UMKM naik kelas dengan menghadirkan berbagai program, salah satunya Indosat Digital Ecosystem (IDE).  

Senior Vice President Head of Corporate Communication ISAT Steve Saerang mengatakan IDE ditujukan bagi pelaku bisnis dan UMKM agar bisa naik level. 

IDE memberikan akses komunitas dan solusi kelas enterprise untuk mendukung transformasi digital UMKM di Indonesia serta menawarkan platform digital yang terintegrasi untuk mengakses teknologi. 

 "Hal inipun memungkinkan UMKM menjalankan bisnis mereka melalui hyperlocal-insight, literasi digital, dan pasar untuk mengakses produk teknologi," kata Steve kepada Bisnis, Senin (7/8/2023). 

Platform IDE menyediakan tiga fitur untuk mendukung pelaku UMKM antara lain, IDE Advisory, IDE Academy, serta IDE Marketspace.

IDE Advisory membantu UMKM meningkatkan insight global untuk mengembangkan bisnis mereka. Lebih lanjut, IDE juga menyediakan akses ke video dan pelatihan yang memudahkan pelaku UMKM mendapatkan kemampuan digital melalui fitur IDE Academy.

Sementara untuk memperluas jejaring bisnis, relasi, dan kesempatan untuk cross-promotion, IDE menawarkan fitur Marketspace sebagai ruang komunitas pelaku UMKM. 

IDE menawarkan solusi yang berakar dari tantangan yang dialami pelaku UMKM. Tiga fitur tersebut akan membantu UMKM lebih melibatkan pelanggan berdasarkan data, lebih sistematis dalam mengelola keuangan, dan menjalin hubungan yang kuat satu sama lain.

Dia mengatakan berbagai pemanfaatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan usaha dari pelaku UMKM dan menjangkau pasar yang lebih luas.

ISAT, kata Steve, melihat potensi UMKM di Indonesia yang sangat besar dan dapat menyerap banyak tenaga kerja.

“Oleh karena itu, kami ingin menjadi kolaborator utama dalam bergotong royong menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM dan bersama mewujudkan tujuan kami dalam memberdayakan Indonesia,” ujar Steve.

Di sisi lain, ISAT tengah menjalin kerja sama dengan Mastercard, KADIN Indonesia, Google Cloud Indonesia, dan Zeals Asia untuk lebih lagi dalam mengembangkan UMKM Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper