LinkedIn Luncurkan "LinkedIn Coach", Teknologi AI untuk Perluas Jaringan Kerja

Crysania Suhartanto
Senin, 31 Juli 2023 | 20:06 WIB
Ilustrasi LinkedIn
Ilustrasi LinkedIn
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aplikasi sosial media pencari pekerjaan, LinkedIn, disebut akan mulai menggunakan kecerdasan buatan (AI) bernama “LinkedIn Coach” untuk membantu meningkatkan pengalaman pengguna.

“LinkedIn bekerja di Pelatih LinkedIn. Ini adalah asisten AI yang membantu Anda melamar pekerjaan, mempelajari keterampilan baru, dan menemukan lebih banyak cara untuk terhubung dengan jaringan Anda,” ujar seorang periset aplikasi, Nima Owji dalam cuitannya di Twitter pada Kamis (27/7/2023) lalu. 

Dikutip dari The Verge, Nima menyatakan LinkedIn akan memanfaatkan AI mulai dalam membantu proses aplikasi, mengajari pengguna terkait keterampilan baru, hingga membantu membangun jaringan di LinkedIn.

Dengan demikian, AI juga dapat menjawab sejumlah pertanyaan terkait pekerjaan yang akan dilamar. 

Owji mencontohkan, chatbot dari LinkedIn Coach daat menjawab “bagaimana budaya kerja di Microsoft” ataupun “bagaimana cara kerja LinkedIn Coach”.

Dikutip dari Times of India, saat ini perusahaan milik Microsoft tersebut sedang menguji LinkedIn Coach. Kendati demikian, masih belum diumumkan kapan kecerdasan buatan ini bisa dinikmati secara umum.  

Juru bicara LinkedIn Amanda Purvis, menyatakan LinkedIn akan selalu mengeksplorasi agar dapat meningkatkan pengalaman pengguna. 

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya LinkedIn menggunakan AI untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Sebelumnya LinkedIn sudah mengembangkan fitur obrolan AI untuk mengirim pesan ke orang-orang.

Namun mengutip dari Business Insider, teks yang dibuat oleh AI kerap melakukan kesalahan, baik kesalahan yang sepele maupun krusial. 

Sebagai informasi, Microsoft, perusahaan induk dari LinkedIn memang sudah sering menggunakan AI dalam segala hal. 

Mulai dari mesin pencarian Bing, penghasil dokumen otomatis Microsoft Copilot, hingga GitHub chatbot untuk membuat kode komputer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper