MAKA Motors Raih Pendanaan Awal Rp563 Miliar, VC Patrick Walujo Terlibat

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 20 Juli 2023 | 10:53 WIB
(Ki-Ka) MAKA Motors Founder & Chief Executive Officer Raditya Wibowo; MAKA Motors Co-Founder & Chief Technology Officer Arief Fadillah/Dok. MAKA
(Ki-Ka) MAKA Motors Founder & Chief Executive Officer Raditya Wibowo; MAKA Motors Co-Founder & Chief Technology Officer Arief Fadillah/Dok. MAKA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan rintisan (startup) kendaraan listrik (Electric Vehicles atau EV) MAKA Motors mengumumkan pendanaan tahap awal (Seed Funding) sebesar US$ 37,6 juta atau Rp 563 miliar.

Putaran pendanaan ini dipimpin bersama oleh AC Ventures, East Ventures, dan SV Investment dari Korea Selatan. 

Investasi ini merupakan salah satu pendanaan awal dengan jumlah terbesar di Asia Tenggara untuk startup perangkat keras (hardware). Putaran pendanaan ini juga diikuti oleh investor strategis lainnya termasuk Northstar Group, venture capital yang dinahkodai Patrick Walujo

MAKA Motors didirikan pada 2021 oleh mantan petinggi Gojek, Raditya Wibowo dan Arief Fadillah. Perusahaan rintisan ini hadir untuk menghadirkan produk yang kompetitif dengan motor bensin dari sisi jarak tempuh, tenaga, fitur, daya tahan, dan harga jual.

Founder & Chief Executive Officer MAKA Motors Raditya Wibowo mengatakan dengan pendanaan ini, MAKA Motors akan memperluas dan melanjutkan operasional serta fasilitas penelitian dan pengembangannya untuk mempercepat produksi sepeda motor listrik inovatifnya. 

 Produk massal pertama MAKA Motors saat ini sedang dalam tahap pilot project dan akan siap diluncurkan tahun depan. MAKA Motors juga akan membangun pabriknya di Jawa Barat mulai akhir tahun ini.

 tidak seperti kebanyakan kompetitor, MAKA Motors melakukan proses R&D secara in-house dan lokal, sehingga memiliki kontrol atas rantai pasok (supply chain), user insight, dan pada akhirnya atas efisiensi biaya dalam membawa solusi inovatif.

“Pendanaan yang signifikan ini tidak hanya memvalidasi visi kami tetapi juga mengakselerasi misi kami untuk melampaui harapan pengendara Indonesia dengan sepeda motor listrik kami nantinya,” kata Raditya dikutip, Kamis (20/7/2023). 

Co-Founder & Chief Technology Officer MAKA Motors Arief Fadillah mengatakan perusahaan sangat fokus di proses R&D internal; mulai dari merekrut talent terbaik dengan pengalaman kerja di berbagai perusahaan global di Indonesia, Jepang, dan Jerman; sampai bekerja sama dengan engineering partner dan supplier kelas dunia. 

“Selain membuat motor listrik yang unggul, kami bermimpi untuk meningkatkan kemampuan SDM Indonesia di bidang R&D dan manufaktur otomotif, dengan mengajak talenta lokal kita dari seluruh dunia untuk pulang membangun bangsa melalui MAKA Motors,” kata Arief. 

Founder dan Managing Partner AC Ventures Michael Soerijadji mengatakan ACV sangat antusias untuk berinvestasi dan bermitra dengan MAKA Motors, sebuah game-changer di salah satu pasar kendaraan roda dua terbesar di dunia. 

“Kami percaya pada kemampuan perusahaan untuk berinovasi dan mengoptimalkan rantai pasoknya. Kami juga memiliki keyakinan tentang pemahaman tim MAKA Motors yang mendalam tentang pasar lokal, yang berasal dari penelitian ekstensif dan pengalaman sektoral mereka,” kata Michael. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper