Patrick Walujo Turun Gunung, Jadi Bos GOTO Gantikan Andre Soelistyo

Hendri T. Asworo
Kamis, 8 Juni 2023 | 15:47 WIB
Pendiri Northstar Patrick Walujo/www.nsgroup.com/
Pendiri Northstar Patrick Walujo/www.nsgroup.com/
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Patrick Sugito Walujo ditunjuk menjadi CEO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) menggantikan posisi Andre Soelistyo.

Andre Soelisyo selanjutnya menggantikan posisi Patrick Walujo sebagai Komisaris dan Deputi Chairman GOTO yang baru digenggam 3 bulan oleh bos Northstar Group tersebut.

Pergantian direksi itu diumumkan hari ini, Kamis (8/6/2023), sebagai agenda Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) yang akan diselenggarakan pada 30 Juni mendatang. Perseroan mengusulkan sembilan agenda RUPST dan dua agenda RUPSLB, salah satunya terkait dengan perubahan dewan direksi dan komisaris. 

"Perseroan menominasikan Patrick Sugito Walujo sebagai direktur utama/CEO menggantikan pejabat sebelumnya, Andre Soelistyo. Pergantian ini akan efektif setelah mendapatkan restu pemegang saham," demikian tulis siaran pers dari manajemen GOTO.

Patrick  akan didukung oleh veteran Gojek, Thomas Husted, yang dinominasikan sebagai wakil direktur utama, yang akan mengemban tugas sebagai Chief Operating Officer.

Selain itu, perseroan mengusulkan Agus DW Martowardojo naik kelas menjadi komisaris utama menggantikan Garibaldi Thohir.

"Perseroan mengumumkan bahwa Andre Soelistyo dinominasikan untuk mendapatkan persetujuan pemegang saham untuk menjadi komisaris perseroan, dan oleh karenanya mengundurkan diri dari posisinya sebagai direktur utama. Nantinya dalam perannya sebagai komisaris, Andre akan mengawasi dan memberikan arahan strategis kepada manajemen guna menuju target EBITDA yang disesuaikan positif pada akhir tahun dan pertumbuhan berkelanjutan dalam jangka panjang.”

Patrick Walujo bukan nama lain buat Gojek. Dia adalah investor pertama (seeds) Gojek saat dikembangkan oleh Nadiem Makarim yang saat ini didapuk sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Dia mulai masuk di manajemen GOTO setelah ditunjuk menjadi komisaris pada Februari lalu bersama Agus DW Martowardojo sebagai komisaris utama. Patrick adalah Co-Founder dan Managing Partner Northstar Group, yang didirikan pada 2003 dan kini telah menjadi salah satu perusahaan investasi terkemuka Indonesia.

Kritik Patrick Walujo ke GOTO

Patrick mengawali karirnya di Goldman Sachs London dan New York, dan merupakan mantan Senior Vice President di Pacific Century Ventures, Tokyo.

Menantu dari konglomerat TP Rachmat itu sempat mengkritik manajemen GOTO mengenai ekspansi bisnis yang lamban, khususnya pada GOTO Financial.

“Kritik kami selalu pada eksekusi GOTO Financial yang lambat. Kami mempelajari use case dari jasa finansial di bisnis ride hailing sebenarnya sangat kecil sekali dibandingkan di e-commerce,” ucap dia, belum lama ini.

Menurutnya, investor merasa beruntung Gojek melakukan merger dengan Tokopedia, karena dengan hal ini GOTO Financial dapat dikembangkan potensinya. Namun, Patrick Walujo mengingatkan hal tersebut membutuhkan waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Hendri T. Asworo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper