Cara Menggunakan ChatGPT dengan Mudah dan Praktis

Nuraini
Rabu, 7 Juni 2023 | 17:01 WIB
Cara Menggunakan ChatGTP dengan Mudah dan Praktis/Bisnis-Rizky Nurawan
Cara Menggunakan ChatGTP dengan Mudah dan Praktis/Bisnis-Rizky Nurawan
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Perkembangan artificial intelligence atau AI kini semakin pesat. Salah satu AI yang populer yaitu ChatGPT.

Ada banyak fitur yang terdapat dalam ChatGPT. Fitur-fitur tersebut dapat membantu menyelesaikan pekerjaan manusia.

Lantas, bagaimana cara menggunakan ChatGPT? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu ChatGPT?

Generative Pre-Training Transformer atau ChatGPT adalah kecerdasan buatan atau AI yang cara kerjanya menggunakan bentuk percakapan. Anda dapat memberikan pertanyaan kepada AI ini. Nantinya, AI akan memberikan jawaban atas pertanyaan yang Anda ajukan.

Fitur tersebut juga sering disebut sebagai chatbot. AI ini disediakan oleh Open AI, sehingga disebut sebagai Openai ChatGPT.

Perlu diketahui bahwa Open Ai merupakan perusahaan non profit yang didirikan oleh Elon Musk dan beberapa tokoh terkenal lainnya seperti Sam Altman dan Reid Hoffman pada tahun 2015. Layanan yang disediakan oleh AI ini dinilai bisa membantu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat.

Fungsi ChatGPT AI

Sama seperti AI lainnya, ChatGPT juga memiliki beberapa fitur, antara lain;

1. Menjawab pertanyaan

Fitur pertama yang bisa Anda jumpai saat menggunakan AI ini yaitu menjawab pertanyaan. Jadi, pada platform ini Anda bisa memberikan pertanyaan apapun dan AI akan menjawabnya.

Tak hanya sekadar menjawab, akan tetapi jawaban yang diberikan sudah dikurasi dengan baik. Apabila Anda menanggapi jawaban dari AI, maka kecerdasan bantuan ini bisa memberikan feedback atau tanggapan kembali.

2. Memberikan rekomendasi topik untuk konten

Seorang konten kreator biasanya merasa kebingungan dalam mencari ide konten. Open Ai memiliki kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Anda bisa meminta saran kepada AI untuk membantu menemukan ide konten yang segar dan sesuai dengan kebutuhan.

3. Menerjemahkan bahasa

Jika biasanya kita menerjemahkan bahasa menggunakan Google Translete, maka kini kita sudah memiliki alternatif lain untuk menerjemahkan bahasa, yakni menggunakan Open AI. Pada platform tersebut Anda bisa menggunakan fitur penerjemah untuk mengartikan berbagai bahasa yang ada di seluruh dunia.

Anda hanya perlu memasukkan teks yang hendak diterjemahkan. Tunggu beberapa saat dan AI akan menunjukan hasilnya.

4. Membantu menyelesaikan soal matematika

Bagi sebagian orang, matematika menjadi momok menakutkan karena dianggap sulit. Akan tetapi, saat ini ChatGPT hadir dengan fitur yang dapat membantu menyelesaikan soal-soal matematika. Tentu saja fitur ini akan sangat membantu pelajar untuk lebih memahami pelajaran matematika dengan lebih mudah.

5. Membuat naskah

Fitur lain yang dimiliki ChatGPT yaitu membantu membuat naskah, baik sastra maupun nonsastra seperti artikel ilmiah. Tentu saja fitur ini akan sangat membantu pekerjaan manusia.

Cara Menggunakan ChatGPT

Tak hanya fiturnya yang lengkap, cara menggunakan kecerdasan buatan dari Open Ai juga sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu membuka browser di laptop atau handphone. Kemudian, masuk ke halaman chat.openai.com.
  2. Lalu, buat akun menggunakan email atau microsoft account.
  3. Setelah akun selesai dibuat, langkah berikutnya yaitu login ke akun tersebut.
  4. Berikutnya Anda bisa memulai menuliskan pertanyaan yang hendak diajukan. Tunggu beberapa saat dan ChatGPT akan
  5. memberikan jawabannya. Jika masih ada hal yang perlu ditanyakan, Anda bisa mengajukan pertanyaan di halaman yang sama.
  6. Apabila ingin mengajukan topik lain, Anda bisa klik opsi “New Chat”.

Nah, itulah penjelasan seputar ChatGPT mulai dari pengertian sampai cara menggunakannya. Anda bisa menggunakan AI tersebut dengan bijak untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper