Cuaca Panas jadi Tantangan Balap Formula E Jakarta

Anshary Madya Sukma
Sabtu, 3 Juni 2023 | 15:35 WIB
Media Round Table Tim Nissan Formula E di Jakarta, Jumat (2/6/2023) - Nissan
Media Round Table Tim Nissan Formula E di Jakarta, Jumat (2/6/2023) - Nissan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Cuaca panas menjadi tantangan serius bagi seluruh tim yang beradu kencang di ajang Formula E Jakarta. Kesulitan tersebut salah satunya dialami langsung oleh Tim Nissan.

Direktur Pelaksana dan Kepala Formula E Nissan, Tommaso Volpe mengatakan suhu udara menjadi tantangan dalam Formula E Jakarta. Menurutnya kondisi ini tidak hanya dirasakan oleh pihaknya melainkan juga seluruh tim yang tergabung pada Formula E.

"Jakarta akan berat untuk semua orang. Suhu yang sangat panas, lembab, dan berat secara fisik bagi para pembalap. Kondisi ini juga akan sangat berat bagi semua tim," kata Volpe di Jakarta, Jumat (3/6/2023).

Namun, Volpe mengatakan tim Nissan Formula E optimistis akan mendapat hasil terbaik di balapan kali ini dengan meraup banyak poin. Strateginya, tim mobil balap pabrikan Jepang ini akan melakukan set-up terbaik.

Sebelumnya, tim Nissan meraih hasil terbaiknya musim ini di ruas-ruas jalan Monte-Carlo, Monaco dengan Sacha Fenestraz dan Norman Nato yang berada di posisi tiga besar dalam kualifikasi, dan akhirnya Fenestraz meraih posisi keempat dalam balapan.

"Tujuan kami dalam sisa waktu terbaik musim ini adalah untuk menemukan lebih banyak konsistensi dan untuk dapat bertarung dengan kedua mobil guna mengumpulkan poin. Jakarta akan menjadi tantangan, tapi kami siap untuk itu," tuturnya.

Senada dengan Volpe, pebalap Tim Nissan Formula E Sacha Fenestraz juga mengatakan cuaca panas di Jakarta akan menjadi sulit dalam balapan kali ini. 

Namun, untuk melanjutkan hasil positif yang diraih di Monaco, dirinya akan kembali memboyong posisi terbaik di Jakarta. Terlebih, kata Fenestraz, trek Formula E di Jakarta terlihat mirip dengan Monaco dan Cape Town.

"Balapan terpanas tahun ini dan semua orang memberi tahu saya betapa sulitnya itu! Di sisi balap, saya sangat bersemangat, setelah memperoleh akhir pekan terbaik kami musim ini di Monaco. Menuju ke Jakarta, kami senang dan kami berada dalam posisi yang baik sebagai tim," ujar Fenestraz.

Sebagai informasi, dengan suhu lebih dari 30 derajat Celcius dan kelembaban yang sangat tinggi, Musim 9 Gen3 akan menghadapi ujian unik Formula E kali ini. Sirkuit sepanjang 2,4 kilometer yang berlokasi di Jakarta Utara dan berjarak sangat dekat dari Pantai Ancol, memiliki 18 tikungan, dengan peluang menyalip terbaik di Tikungan 1 dan 16.

Zona pengereman yang berat dan sektor tengah yang berkelok-kelok berkecepatan tinggi digabungkan untuk menghasilkan tata letak yang menguji fisik pengemudi dan mobil secara menyeluruh.

Adapun, babak kualifikasi Formula E Jakarta akan berlangsung pada pukul 10:40 WIB (UTC +7) pada tanggal 3 dan 4 Juni 2023, dan kedua balapan berlangsung pada pukul 15:00.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper