iPhone Rawan Kena Hack, Apple Minta Pengguna Upgrade Keamanan

Khadijah Shahnaz Fitra
Rabu, 24 Mei 2023 | 15:19 WIB
Tampilan iOS 16 pada perangkat iPhone/Apple
Tampilan iOS 16 pada perangkat iPhone/Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple, produsen teknologi asal Amerika Serikat, mulai mendesak pengguna iPhone dan iPad untuk segera memperbarui ke iOS 16.5 dan iPadOS 16.5 untuk memitigasi tiga eksploitasi zero-day.

Dilansir dari TechSpot, Rabu (24/5/2023), kerentanan ini terkait langsung dengan mesin peramban WebKit dan mencakup penyerang jarak jauh dapat keluar dari kotak pasir keamanan Konten Web, memproses konten web dapat mengungkapkan informasi sensitif dan memproses konten web yang dibuat dengan sengaja dapat menyebabkan eksekusi kode yang sewenang-wenang.

Kerentanan yang teridentifikasi meningkatkan risiko data dan informasi pribadi pengguna dapat diakses oleh pihak ketiga yang tidak berwenang.

Celah keamanan juga dapat memungkinkan pelaku kejahatan meluncurkan serangan eksekusi kode sewenang-wenang untuk menjalankan perintah atau kode apa pun pada mesin atau proses target.

Awal tahun ini, Apple dilaporkan telah melewati angka dua miliar perangkat aktif, sebuah pencapaian yang menunjukkan betapa luasnya masalah yang dihadapi Apple. Akibat sifat kerentanannya, eksploitasi mesin browser WebKit dapat memengaruhi penampang besar dari dua miliar perangkat ini.

Berikut adalah perangkat milik Apple yang terkena dampak eksploitasi yang teridentifikasi meliputi:
1. Semua model iPad Pro
2. iPad Air (generasi ke-3 dan yang lebih baru)
3. Pad ke-5 (generasi ke-5 dan yang lebih baru)
4. iPad Mini (generasi ke-5 dan yang lebih baru)
5. iPhone 6s dan model yang lebih baru
6. Workstation dan laptop Mac yang menjalankan mac OS, Big Sur, Monterey, dan Ventura
7. Apple Watch (seri 4 dan yang lebih baru)
8. Apple TV 4K dan HD

Banyak pengguna yang telah menerima pembaruan otomatis iOS melalui sistem Respon Keamanan Cepat Apple. Biasanya diterapkan berdasarkan wilayah geografis dan dipengaruhi oleh konektivitas, beberapa ponsel dan tablet pengguna mungkin masih menunggu pembaruan otomatis.

Para pengguna tersebut dianjurkan untuk memperbarui ponsel mereka secara manual ke versi 16.5. Untuk melakukannya, buka aplikasi Pengaturan dan arahkan ke Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Ketuk unduh dan instal, lalu beri waktu beberapa menit bagi ponsel Anda untuk melakukan tugasnya.

Hal ini juga merupakan kebersihan yang baik untuk memastikan semua perangkat Apple Anda yang lain sudah diperbarui. Memperbarui itu mudah karena opsi untuk mengunduh pembaruan secara manual berada di tempat yang sama di semua perangkat - di bawah Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper