Spesifikasi iPad Air 5, Harga, Keunggulan dan Kekurangannya, Layak Beli?

JIBI
Senin, 15 Mei 2023 | 18:57 WIB
iPad Air (2022) generasi kelima/Apple
iPad Air (2022) generasi kelima/Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - iPad menjadi salah satu gadget populer dan idaman bagi para Apple Lover.

Kehadirannya juga banyak ditunggu-tunggu seperti halnya kemunculan iPhone. Meskipun, penjualan iPad tidak selaris iPhone yang bak kacang goreng.

Saat ini, setidaknya ada 10 model iPad yang dijual di pasaran. 

10 iPad tersebut adalah iPad 10,2 inci Generasi 9 (2021), iPad Mini 7,9 inci Generasi 6 (2021), iPad Air 10,9 inci Generasi 4 (2020), iPad Pro M1 11 inci (2021), dan iPad Pro M1 12,9 inci (2021), iPad 10,9 inci Generasi 10 (2022), iPad Air 10,9 inci Generasi 5 (2022), iPad Pro 12,9 inci Generasi 10 (2022).

Masing-masing model tersebut, memiliki keunggulannya masing-masing. Nah dalam artikel ini, Bisnis mencoba mengulik lebih dalam spesifikasi iPad Air 5 yang menjadi salah satu favorit para pengguna Apple.   

iPad Air generasi kelima resmi ini diluncurkan oleh Apple tahun 2022,. Penantiannya sudah ditunggu selama kurang lebih dua tahun sejak iPad Air 4 meluncur di 2020.

Jika dilihat dari segi tampilan, iPad Air 5 dan 4 sebenarnya masih nampak identik. Tapi, iPad Air di tahun 2023 masih sangat worth it to buy sebagai middle-range device milik Apple.

Apalagi, hingga saat ini perusahaan asal Amerika Serikat itu belum meluncurkan generasi terbaru dari iPad Air.

Apalagi, iPad Air tipe ini digadang-gadang setara dengan MacBook M1. Lantas, seperti apa spesifikasi hingga keunggulan dan kekurangan iPad Air 5?

Spesifikasi iPad Air 5

Spesifikasi iPad Air 5, Harga, Keunggulan dan Kekurangannya, Layak Beli?

Perlu waktu dua tahun untuk membuat Apple akhirnya memutuskan menaruh M1 chip di iPad Air 5. 

Di iPad Ai 4, Apple hanya memberikan A14 Bionic, yang setara dengan iPhone 12 yang dirilis tahun 2020.

Padahal, di tahun tersebut, MacBook Air dan MacBook Pro sudah dilengkapi M1 chip.

Hadirnya M1 chip di iPad Air 5 membuatnya memiliki spesifikasi dua kali lebih canggih dan lebih cepat dibanding generasi keempatnya.

Apple sendiri, punya A15 Bionic chip di iPad Mini 6 serta iPhone 13 dan iPhone 14.

Dengan kelengkapan M1 sebagai chipset dari iPad Air 5, membuatnya menjadi terlihat setara dengan MacBook Air, MacBook Pro, dan iPad Pro 5.

Kapasitas RAM iPad Air 5 pun meningkat dua kali lipat dari generasi sebelumnya. Diketahui, RAM iPad Air 4 hanya sebesar 4GB, sedangkan iPad Air 5 dibekali RAM 8GB.

Kini, iPad Air pun bisa bersaing dengan Samsung Galaxy Tab S8, yang disebut-sebut punya perbedaan daya tahan baterai kurang lebih tiga jam lebih hemat.

Dengan chipset M1 dan baterai yang hemat, penggunaan iPad Air 5 sangat efisien bagi setiap orang yang membutuhkan gadget yang fleksibel dan mendukung produktivitas pekerjaan.

Keunggulan dan Kekurangan iPad Air 5

Spesifikasi iPad Air 5, Harga, Keunggulan dan Kekurangannya, Layak Beli?

Lalu, apa saja keunggulan dan kekurangan iPad Air 5?

1. Keunggulan iPad Air 5

Dari desain, meski tak berbeda dari pendahulunya, corak elegan dan minimalis dengan bodi aluminium jadi keunggulan iPad Air 5.

Dengan berat kurang lebih 461 gram, iPad Air 5 ukuran masih cukup nyaman untuk digenggam. 

Tentunya, hal ini akan membantu kamu yang punya mobilitas tinggi untuk tetap bisa produktif.

Tingkat kecerahan iPad Air 5 juga diklaim Apple mencapai 500 nit, di atas iPad Air generasi 4, yang kecerahannya hanya sampai 440 nit.

Soal rentang warna pada iPad Air 5 mencapai standar DCI-P3. Jadi, jika ingin membuat ilustrasi digital atau sekedar streaming film, iPad Air 5 ini akan memberikan pengalaman yang memuaskan karena warna layarnya pekat dan tajam.

Di satu sisi, meski resolusi kameranya masih sama dengan generasi sebelumnya yakni 12MP, iPad Air 5 punya keunggulan tersendiri. Kini, kamera iPad Air 5 dilengkapi Center Stage yang didukung fitur ultra wide di kamera depan.

iPad Air 5 juga dilengkapi fitur Universal Control, yang memungkinkan penggunanya bisa mengendalikan iPad dan Macbook sekaligus dengan mouse dan keyboard bersama.

Menariknya, di antara deretan middle-range, harga iPad Air 5 dirasa masih cukup terjangkau jika dibandingkan dengan iPad Pro 5, yang punya chipset setara.

2. Kekurangan iPad Air 5

Ada beberapa kekurangan iPad Air 5. Pertama soal kamera depan.  Meski sudah didukung Center Stage dan ultra wide, posisi kamera depannya justru terletak dalam posisi potrait iPad.

Jadi, jika iPad digunakan dalam posisi landscape, kamera iPad Air 5 jadi sedikit sulit menangkap sisi tengah wajah atau objeknya. Dalam hal ini, iPad Air 5 justru kalah dari iPad generasi 10, yang mana letak kamera justru berada dalam posisi landscape iPad.

Belum lagi, ternyata setelah digunakan, baru terasa sekali bahwa refresh rate iPad Air 5 kurang memuaskan. Hal itu bisa terbukti saat layar yang digulir ternyata tidak semulus yang dibayangkan.

Ternyata, diketahui refresh rate iPad Air 5 yakni sebesar 60Hz. Cukup jauh, dibandingkan dengan iPad Pro yang punya refresh rate hingga 120 Hz.

Namun, dilihat dari kelas dan harga, tentu saja iPad Pro memang wajar jika lebih unggul dari iPad Air. Alhasil, iPad Air 5 belum bisa mendukung game dengan frame rate di atas 60fps.

Meski begitu, iPad Air 5 bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin memiliki tablet dengan chipset yang setara MacBook 2020 dan nyaman dibawa bepergian.

Harga

Spesifikasi iPad Air 5, Harga, Keunggulan dan Kekurangannya, Layak Beli?

Dirilis tahun 2022 lalu, harga iPad Air 5 juga sudah mengalami penurunan dalam waktu 5 bulan usai dilempar ke  pasaran.

Untuk harga standar, iPad Air 5 dijual sekitar harga US$749, atau sekitar Rp10,86 juta (kurs Rp14.500), tetapi kemudian di Amazon harganya mencapai US$630 atau Rp9,13 juta di Amazon.

Sedangkan di iBox Indonesia, harganya dibanderol Rp9,49 juta untuk kapasitas 64 GB dengan dukungan Wifi.

Sementara, untuk dukungan jaringan Wifi dan cellular dibanderol Rp12,9 juta untuk kapasitas 64 GB.

Selanjutnya, untuk iPad Air 5 dengan kapasitas 256 GB dengan dukungan jaringan wifi Rp12,9 juta dan jaringan wifi serta celular seharga Rp15,9 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : JIBI
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper