Mengejutkan Dunia, Patung Buddha Kuno Ditemukan di Negara Muslim

Rendi Mahendra
Jumat, 5 Mei 2023 | 12:33 WIB
Mengejutkan dunia, patung Buddha kuno ditemukan di negara muslim, Mesir.
Mengejutkan dunia, patung Buddha kuno ditemukan di negara muslim, Mesir.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peneliti berhasil menemukan patung Buddha di negara muslim, Mesir. Lokasi penemuan itu berada di pelabuhan kuno Mesir Berenice di Laut Merah.

Penemuan ini mengejutkan dunia, pasalnya jauh sebelum Mesir menjadi negara dengan penduduk mayoritas Islam, ternyata di wilayah tersebut juga sempat ditinggali penganut Buddha dengan bukti ditemukannya patung Buddha kuno.

Adapun patung Buddha tersebut mempunyai tinggi sekitar 61 cm terkait dengan hubungan perdagangan dengan India di bawah kekaisaran Romawi.

Sebuah misi Polandia-AS menemukan patung itu berasal dari zaman Romawi saat menggali di kuil kuno di Berenice," kata pernyataan Kementerian Purbakala Mesir pada hari Rabu.

Dikutip dari VOA Africa, Kementerian Purbakala Mesir menjelaskan pemuan itu memiliki indikasi penting atas adanya hubungan perdagangan antara Mesir dan India selama era Romawi.

“Ada hubungan perdagangan antara Mesir dan India selama era Romawi kata kepala dewan tertinggi,” kata kepala dewan tertinggi Mesir Mostafa al-Waziri dikutip dari VOA Africa pada Jumat (5/5/2023).

Patung, dengan sebagian sisi kanan dan kaki kanannya hilang,  menggambarkan Buddha dengan lingkaran cahaya di sekitar kepalanya dan bunga teratai di sisinya.

Waziri mengatakan Berenice adalah salah satu pelabuhan laut terbesar di Mesir era Romawi, dan sering menjadi tujuan kapal dari India yang sarat dengan rempah-rempah, batu semi mulia, tekstil, dan gading.

Mesir telah mengungkap banyak penemuan arkeologi besar dalam beberapa tahun terakhir, di tengah upaya untuk menghidupkan kembali industri pariwisata vitalnya setelah bertahun-tahun kerusuhan politik dan pandemi Covid.

Namun, para kritikus mengatakan kesibukan penggalian telah memprioritaskan temuan yang menarik perhatian media daripada penelitian akademis yang keras.

Permata mahkota dalam rencana pemerintah adalah peresmian Museum Agung Mesir yang telah lama tertunda di kaki piramida di Giza.

Pemerintah berencana untuk menarik 30 juta wisatawan per tahun pada tahun 2028, naik dari 13 juta sebelum pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper