East Ventures dan Triputra Suntik Rp294 Miliar ke Startup Praktis

Khadijah Shahnaz Fitra
Jumat, 5 Mei 2023 | 13:11 WIB
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Praktis, startup end-to-end supply chain enabler, meraih pendanaan seri A senilai US$20 juta atau senilai Rp294 miliar dipimpin oleh  East Ventures, dengan partisipasi dari Triputra Group dan SMDV.

Co-Founder dan Chief Executive Officer Praktis Adrian Gilrandy mengatakan dana segar ini akan  dialokasikan untuk mempercepat peningkatan teknologi bagi para brand sekaligus para pemasok untuk memiliki proses bisnis yang lebih mudah, membangun tim, dan meningkatkan ekosistem rantai pasok secara end-to-end.

Adrian menambahkan lebih dari US$30 miliar pasar fesyen dan kecantikan di Indonesia diisi oleh pemain kecil dan menengah. Dia menilai melalui agregasi, peningkatan proses, dan implementasi teknologi, dapat membantu para pemain tersebut untuk dapat memiliki proses rantai pasok yang lebih efisien, sehingga mereka dapat fokus meningkatkan dan mengembangkan bisnis mereka.

"Hal ini menjadi tujuan kami sejak hari pertama dan tercermin dari pertumbuhan kami yang luar biasa dan kesuksesan dalam menjaga profit yang telah kami capai sejauh ini,” kata Adrian dalam keterangan resmi dikutip Jumat (5/4/2023).

Adrian juga mengklaim pihaknya  mengalami pertumbuhan yang signifikan, secara year-on-year dari 2020 hingga 2021 dengan pertumbuhan sebesar 12x, dan year-on-year dari 2021 ke 2022 dengan pertumbuhan sebesar 4x. Pertumbuhan ini pun didukung oleh inisiatif dieksekusi dengan baik karena kesesuaian produk dengan kebutuhan pasar dan kemampuan dalam menyelesaikan pain point yang sebenarnya.

" Pandemi Covid-19 turut membantu perusahaan ini untuk mempercepat tingkat penyerapan produk ke pasar," jelasnya.

Saat ini pun layanan Praktis mencakup pembelian bahan baku, produksi, fulfillment dan logistik dengan peningkatan teknologi untuk menyediakan proses operasi yang mudah, efisien, dan dapat diandalkan baik untuk direct to consumer (D2C) brands dan pemasok.

Hal ini memungkinkan brand untuk fokus pada kompetensi utama mereka dan membiarkan Praktis menangani sisa operasi bisnis mereka melalui platform berbasis data dan teknologi yang andal untuk kelancaran proses rantai pasok.

Dalam rangka memperkuat kapabilitas mereka dan mempersiapkan peningkatan skala, Praktis baru-baru ini kedatangan anggota baru di jajaran direksinya, Leonard Pontoh sebagai Chief Financial Officer.  Leonard pun memiliki latar belakang yang kuat di bidang akuntan publik dengan pengalaman lebih dari 12 tahun di berbagai perusahaan startup ternama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper