Telkomsel Prediksi Trafik Naik 11,2 Persen saat Lebaran 2023

Leo Dwi Jatmiko
Sabtu, 25 Maret 2023 | 17:11 WIB
Karyawan melayani pelanggan di GraPARI Telkomsel Central Park Mall, Jakarta, Senin (20/12/2021). Bisnis/Suselo Jati
Karyawan melayani pelanggan di GraPARI Telkomsel Central Park Mall, Jakarta, Senin (20/12/2021). Bisnis/Suselo Jati
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memperkirakan lalu lintas data meningkat hingga 11,2 persen pada Ramadan-Lebaran 2023 dibandingkan dengan hari biasa seiring dengan gaya hidup masyarakat yang makin digital.

Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. itu juga memperkirakan waktu yang dihabiskan masyarakat untuk mengakses media sosial meningkat selama Ramadan-Lebaran 2023.

Telkomsel memprediksi akses terhadap layanan media sosial tumbuh hingga 6,2 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) tumbuh sekitar 20 persen, layanan streaming video tumbuh 15,6 persen, layanan mobile gaming naik 32,4 persen, dan akses browsing melonjak 2,4 persen dibandingkan dengan hari biasa.

Sementara itu untuk trafik layanan panggilan suara (voice call) diperkirakan menurun sebesar 8,5 persen, adapun layanan pesan singkat (SMS) tumbuh sekira 7,1 persen.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan untuk mengantisipasi pergerakan trafik, keseluruhan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel telah difokuskan pada 490 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia.

POI tersebut mencakup 59 area residensial, 68 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan), 315 area spesial (pusat pelayanan publik, alun-alun kota, dan pusat perbelanjaan), 28 area jalur mudik utama, serta 20 masjid raya. 

"Serangkaian uji jaringan di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 17.895 Km juga telah dilakukan Telkomsel guna memastikan pengamanan kualitas dan ketersediaan jaringan, termasuk yang menjangkau 2.725 ruas akses tol utama di seluruh Indonesia," kata Hendri dalam siaran pers, dikutip Sabtu (25/3/2023).

Penguatan kapabilitas infrastruktur jaringan juga telah dilakukan melalui peningkatan kapasitas 277 unit BTS 4G/LTE, penambahan 221 unit BTS 4G/LTE baru, serta mengoperasikan tambahan 53 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), melengkapi lebih dari 260.000 unit BTS Telkomsel yang melayani 96 persen wilayah populasi di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper