12 Penemuan Paling Menakjubkan di Dunia

Elsa Hayati Sukma
Kamis, 23 Maret 2023 | 08:34 WIB
Machu Pichu
Machu Pichu
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Alam semesta yang sangat luas dan misterius belum sepenuh nya diekspor oleh manusia.

Misteri alam semesta yang belum ditemukan dapat membuat takjub sekaligus penasaran dengan isinya.

Para peneliti mencoba untuk mencari tahu mengenai penemuan yang menakjubkan yang belum pernah ditemuinya. Para ilmuwan telah melakukan studi penelitian untuk mengungkap misteri-misteri tersembunyi di dalamnya.

Para peneliti akan terus melakukan penelitian untuk menghasilkan penemuan-penemuan yang spektakuler yang belum diketahuinya.

Berikut 12 penemuan menakjubkan oleh ilmuwan dilansir melalui The Archaeologist

1. Uni Emirat Arab Menemukan Pemukiman Mutiara Di Teluk Tua

Di sebuah pulau kecil di bagian utara Uni Emirat Arab, para arkeolog mengklaim telah menemukan pemukiman mutiara tertua di Teluk. Ribuan orang dan ratusan rumah mungkin pernah tinggal di desa ini di Pulau Siniyah dekat Umm al-Quwain. Di sebuah pulau Siniyah tempat pusat mutiara itu berada. Para arkeolog mengklaim bahwa telah menemukan berbagai rumah yang dibangun dari batu pantai dan mortar kapur.

Menurut artefak yang ditemukan di sana berasal dari periode pra-islam akhir abad keenam. Terlepas dari kenyataan bahwa desa-desa mutiara yang lebih tua telah dijelaskan dalam buku-buku sejarah, Para arkeolog mengklaim bahwa menemukan secara fisik satu dari zaman kuno ini di seluruh negara-negara Teluk dan menemukan berbagai tempat tinggal yang terbuat dari batu pantai dan mortar kapur, dari rumah kecil hingga rumah besar dengan halaman.

2. Tentara Terakota

Tentara Terakota ini adalah penemuan arkeologi luar biasa yang terletak di Distrik Lintong, Xi’an Provinsi Shaanxi, China. Tentara terakota ini ditemukan pada tahun 1974 oleh petani setempat yang sedang menggali sumur di dekat makam Kaisar Qin Shi Huang. Situs ini telah menjadi peninggalan arkeologi selama abad ke-20.

Patung ini merupakan koleksi patung terakota seukuran manusia yang menggambarkan tentara Qin Shi Huang, Kaisar pertama Tiongkok. Tentara Terakota diciptakan sebagai bagian dari mausoleum kaisar yang rumit dan dibangun untuk melindungi dan menemani di alam baka. Tentara Terakota ini terdiri lebih dari 8.000 tentara, 130 kereta dan 670 kuda meskipun sejauh ini hanya sebagian situs yang digali.

3. Teka- Teki Machu Picchu

Teka-Teki Machu Picchu mengacu pada misteri dan intrik seputar tujuan, konstruksi, dan sejarah situs Inca kuno yang terletak tinggi di Pegunungan Andes Peru. Machu Picchu sering disebut sebagai “Kota Inca yang Hilang” yang dibangun sekitar pertengahan abad ke- 15 pada masa pemerintahan kaisar Inca Pachacuti.

Tempat ini berlokasi di punggung gunung 7.970 kaki (2.430 meter) diatas permukaan laut yang menampilkan dinding batu kering canggih yang menyatukan balok-balok besar tanpa mortar. Tujuan Machu Picchu tetap menjadi bahan spekulasi dan perdebatan di antara para sejarawan dan arkeolog.

4. Stonehenge

Stonehenge adalah monumen pra-sejarah yang terletak di Wiltshire Inggris. Peninggalan arkeologi ini merupakan peninggalan yang paling terkenal dan ikonik di dunia yang berasal dari sekitar 3000 SM. Monumen ini terdiri dari cincin batu berdiri, masing-masing memiliki berat 25 ton dan tinggi 4 meter, lebar 2,1 meter.

Bangunan ini telah didirikan sekitar 1.500 tahun yang lalu dengan batu-batu yang disusun dalam pola melingkar membentuk tapal kuda di dalam lingkaran. Kini Stonehenge telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1986 dengan sejarah, budaya dan arsitekturalnya.

5. Tubuh Anak Anjing

Penemuan anak anjing ini sedang dipelajari oleh ilmuwan karena anak anjing ini telah membeku di permafrost Siberia selama 14.300 tahun. Para peneliti dengan hati-hati mengambil sampel tulang rawan, hati, dan jaringan otot dari anak anjing. Setelah diteliti dan dimasukan ke dalam laboratorium, para peneliti membuat penemuan yang berdampak signifikan bagi sains.

Para peneliti menyelidiki sisa anjing beku Siberia yang berusia 14.000 tahun dan menemukan tulang hewan dengan adanya tanda-tanda penyembelihan serta jejak api di lokasi anak anjing ditemukan, meskipun tidak mungkin untuk memastikannya.

6. Patung Hercules Kuno

Patung Hercules Kuno ini ditemukan di saluran pembuangan Romawi, Para pekerja yang sedang memperbaiki sistem pembuangan limbah yang rusak. Pada saat memperbaiki sistem selokan, ternyata selokan ini menyembunyikan sesuatu yang sangat menarik tetapi bukan penemuan sejarah biasa karena itu merupakan patung hercules kuno.

7. Caral Kota Piramida Di Peru

Caral menjadi Kota Piramida di Peru mendahului kota tertua Mesir dan suku Inca selama 4.000 Tahun. Kota Suci Caral-Supe ini berada di pesisir tengah Peru, menawarkan kompleks arsitektur monumental kuno yang mengesankan yang dibagun sekitar 2600 SM pada waktu yang sama dengan piramida Mesir.

Para arkeolog menganggap Caral sebagai salah satu pusat kota terbesar dan terkompleks yang dibangun oleh peradaban tertua di Belahan Barat. Lokasi ini seluas 1.500 acre terletak 125 mil sebelah utara Lima dan 14 mil dari pantai Pasifik, menampilkan enam piramida kuno, plaza me,ingkar cekung dan tangga raksasa, semua duduk di teras gurun mengarah ke dataran Sungai Supe. Penemuan piramida Caral sebagai salah satu kota tertua yang diketahui di Belahan Bumi Barat.

8. Mumi Mesir Hamil

Pada abad ke-19 Universitas Warsawa memperoleh mumi Mesir yang terbungkus peti mati yang dan mengidentifikasi sebagai pendeta bernama Hor Djehuty. Hampir 200 tahun, pada tahun 2016 para peneliti menggunakan teknologi sinar X terkejut menemukan sisa-sisa mumi itu bukan milik seorang pria.

Saat memeriksa gambar daerah punggung mumi para peneliti melihat kaki kecil tanda bahwa wanita itu sedang hamil pada saat kematiannya. Para ilmuwan berharap akan memberikan petunjuk baru tentang kehamilan di dunia kuno. Para ahli proyek Mumi Warsawa menjuluki mumi tersebut dengan “wanita misterius Museum Nasional di Warsawa”.

9. Prasasti Tanah Ayat-Ayat Odyssey

Penemuan prasasti ini berasal dari pemakaman Romawi Fragonissi 1,5 km sebelah timur olympia dan digunakan sebagai bahan bangunan di monumen penguburan dari abad ke-3 Masehi. Penemuan ini ditemukan pada tahun 2018 dan dianggap sebagai penemuan arkeologi terpenting tahun ini di seluruh dunia.Menurut data penelitian, prasasti tersebut merupakan fragmen tertua dari ayat-ayat tertentu yang awet dan sekaligus salah satu tulisan tertua dari Epos Homer di wilayah Yunani

10. Gua Misterius

Gua adalah tempat misterius. Gua memiliki ruangan yang gelap dan seringkali tempat sempit ini cenderung menimbulkan hal-hal mistis yang membuat ketakutan banyak orang.

Kegelapan yang ada dalam Gua tidak dapat membuat tempat-tempat gelap ini menjadi menarik. Namun, ada banyak hal yang tersembunyi di gua-gua gelap ini yang belum banyak diketahui.

11. Puisi Epik Iliad di Peta

Peta ini terinspirasi oleh “Achaeans and Trojans” pada tautan merupakan Mitologi Yunani, sebuah situs web yang dibuat oleh Carlos Parantas sebagai penulis dengan “Panduan Silsilah Mitologi Yunani” ini menunjukan semua pahlawan Iliad dan asal-usul mereka dalam representasi unik dari karakter utama dan kecil dari epik Homer yang abadi, baik dari pihak Akhaia maupun Trojan.

12. Kota Emas

Pemukiman yang terkubur dibawah pasir selama ribuan tahun dan menghindari para arkeolog selama berabad-abad diyakini sebagai salah satu kota Mesir kuno terbesar yang pernah digali. Peninggalan ini ditemukan dengan keberuntungan para arkeolog mulai mencari pekerja kamar mayat dari firaun pada tahun 1327 SM. Di sepanjang tepi barat Sungai Nil di Luxor menemukan pemukiman perkotaan yang terpelihara dengan baik mulai dari jalan dan dinding setinggi 10 kaki prasasti Hieroglif menunjukan kota itu disebut dengan Tehn Aten. Kota emas ini berasal dari masa pemerintahan Amenhotep III yang merupakan kota emas zaman Mesir Kuno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper