Suntik Mati Jaringan 3G XL Axiata Sisa 1.300 BTS, Trafik Diklaim Meningkat

Rahmi Yati
Senin, 20 Februari 2023 | 20:12 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Proses penataan ulang teknologi (refarming) atau suntik mati jaringan 3G oleh XL Axiata tinggal menyisakan kurang dari 1.300 base transceiver station (BTS) lagi. Seiring dengan penataan ulang ini, trafik data juga diklaim meningkat.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, investasi dan strategi jaringan yang dilakukan sepanjang 2022 telah berhasil meningkatkan kualitas pengalaman jaringan yang lebih baik sehingga mampu meningkatkan penggunaan yang lebih tinggi.

"Hal ini terbukti dengan trafik yang tumbuh sebesar 22 persen YoY," ujarnya, Senin (20/2/2023).

Dian memerinci, pada sisi jaringan, inisiatif peningkatan kualitas jaringan telah berhasil mengantarkan XL Axiata menutup 2022 dengan kemenangan di empat kategori survei independen Opensignal periode Desember 2022.

Untuk kali kedua, sebut dia, secara berturut-turut XL Axiata menjadi yang terbaik di antara semua operator Tanah Air untuk kategori pengalaman kecepatan unduh, pengalaman video, pengalaman gim, serta pengalaman aplikasi suara.

"XL Axiata serius memperkuat dan memperluas jaringan khususnya di luar Jawa dengan pengeluaran belanja modal [capex] sebesar total Rp9 triliun," tuturnya.

Adapun, hingga akhir 2022, Dian menambahkan, total jumlah BTS (2G & 4G) XL Axiata mencapai 144.768 BTS, dengan jumlah BTS 4G sebanyak 91.632 unit.

Dia mengeklaim jumlah BTS 4G ini meningkat 19 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik mencapai 54 persen (fiberized).

Terkait proses suntik mati jaringan 3G, terutama untuk area-area tertentu, XL Axiata mengaku masih harus memastikan proses migrasi ke 4G berjalan mulus sehingga seminimal mungkin tidak mengganggu pengalaman pelanggan.

Dian juga sebelumnya mengatakan, upaya peningkatan kualitas dan perluasan jaringan terus dilakukan dengan tetap melanjutkan program yang sama di tahun-tahun sebelumnya. 

"Sejak awal 2022, XL Axiata bekerja keras mewujudkan internet tercepat dan stabil di seluruh wilayah layanan di Indonesia karena ini jadi kebutuhan mendesak bagi pelanggan di semua wilayah," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper