Kevin Mintaraga, CMO Tokopedia Masuk Daftar 40 Under 40 Fortune

Media Digital
Rabu, 15 Februari 2023 | 09:00 WIB
Foto: Kevin Mintaraga, Chief Marketing Officer Tokopedia
Foto: Kevin Mintaraga, Chief Marketing Officer Tokopedia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kevin Mintaraga, Chief Marketing Officer Tokopedia, berhasil masuk dalam daftar 40 Under 40 Fortune Indonesia pada kategori Business.

Fortune Indonesia menjelaskan daftar 40 under 40 Fortune Indonesia memberikan sorotan khusus bagi individu-individu yang memiliki kecakapan mampu dan berhasil menciptakan, serta memanfaatkan peluang yang ada. Prestasi itu berhasil dicatatkan dalam kurun waktu 2 tahun terakhir.

"Mereka membuka dan berkontribusi pada terciptanya ratusan hingga ribuan lapangan kerja baru, berperan penting dalam laju bisnis yang mereka jalani, menghadirkan solusi, memberikan dampak positif bagi masyarakat yang ada di sekitarnya, hingga menjadi wakil Indonesia di kancah dunia," kata Hendra Soeprajitno, Pemimpin Redaksi Fortune Indonesia.

Masuknya Kevin Mintaraga, Chief Marketing Officer Tokopedia dalam daftar 40 Under 40 Fortune Indonesia pada kategori Business tidak lepas dari prestasi yang ditorehkan bersama Tokopedia. Perjalanan karier Kevin tidak lepas dari pengalaman sulit masa mudanya. Kevin muda terpaksa berhenti sekolah di Australia karena ayahnya yang sakit. Kevin baru berusia 21 saat itu. 

Ijazah formal terakhirnya SMP, karena dia mengikuti program spesial untuk tingkat SMA. Berbekal keterampilan menyetir, Kevin sempat berniat menjadi supir taksi. Namun, Tuhan berkehendak lain. Ada seorang kenalannya yang mencari Account Executive untuk perusahaan desain grafis.

Pekerjaan itu membuat Kevin bertumbuh sebagai marketers yang handal dan lebih intim bergaul dengan dunia teknologi. Bermodal keingintahuan, bapak tiga anak itu mempelajari pemasaran digital secara otodidak.

Kevin pun mencari partner, tetapi itu bukan hal mudah. Dia baru berhasil mendapat mitra pada Maret 2008. Setelah proses panjang itu, akhirnya lahirlah agensi digital Magnivate. 

Tak berhenti sampai disitu, Kevin bersama beberapa koleganya kemudian merintis usaha yang bergerak di bidang jasa pernikahan, Bridestory, pada 2014. 

Kepincut akan potensinya, pada 2018, Tokopedia resmi mengakuisisi Bridestory sehingga memungkinkan Tokopedia untuk menjangkau segmen pasar baru dan memberikan nilai tambah kepada para pengguna Tokopedia. Setelah sepenuhnya bergabung dengan Tokopedia, Kevin ditunjuk sebagai Chief Marketing Officer. 

Kevin dan tim Tokopedia berhasil meluncurkan Tokopedia Affiliate Program yang memungkinkan siapapun menjadi influencer.

Melalui, Tokopedia Affiliate Program siapa pun menjadi influencer dan mendapatkan komisi dengan mempromosikan jutaan produk di Tokopedia melalui link afiliasi yang dibagikan lewat media sosial. 

Pengguna Tokopedia Affiliate, atau biasa disebut Affiliate bisa meraih komisi hingga 10 persen maksimum Rp50.000 ketika produk berhasil terjual dari link khusus yang dibagikan. Komisi Rp50 juga bisa didapatkan dari setiap kunjungan tervalidasi (page visits) ke halaman produk atau toko yang dipromosikan Affiliate. 

Selain Kevin Mintaraga, Chief Marketing Officer Tokopedia, nama lain yang berhasil masuk dalam daftar 40 Under 40 Fortune Indonesia yakni Catherine Hindra Sutjahyo, Presiden Unit Bisnis On-Demand Service, GoTo; Kaesang Pangarep, Pengusaha dan Investor; Caroline Riady, Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group; Albert, Co-founder Traveloka dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper