Samsung Kuasai Penjualan Ponsel Global 2022, Apple Posisi Kedua

Khadijah Shahnaz Fitra
Senin, 6 Februari 2023 | 15:54 WIB
Ilustrasi HP Samsung
Ilustrasi HP Samsung
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Samsung, produsen teknologi asal Korea Selatan, masih menjadi juara dalam penjualan ponsel secara global pada 2022.

Berdasarkan data International Data Corporation (IDC), dikutip Senin (6/2/2023), Samsung telah mengirimkan ponsel sebanyak 260,9 juta unit. Adapun, angka tersebut sama dengan 21,64 persen dari realisasi pengiriman ponsel di dunia pada 2021.

Kendati demikian, total pengiriman ponsel asal Korea Selatan turun itu 4,1 persen jika dibandingkan dengan setahun sebelumnya. Pasalnya pada 2021, Samsung mampu mengirimkan ponsel sebanyak 272,1 juta unit.

Di posisi kedua diisi oleh Apple. Perusahaan yang dibesarkan Steve Jobs ini mencatatkan pengiriman ponsel sebanyak 226,4 juta unit. Jumlah ini pun menurun 4 persen dibandingkan pada 2021 yang sebesar 235,8 juta unit.

Posisi ketiga hingga kelima diisi oleh produsen asal China. Xiaomi mencatatkan pengiriman sebesar 153,1 juta unit. Oppo berada di selanjutnya lantaran berhasil mengirim 103,3 juta unit ponsel ke seluruh dunia sepanjang tahun lalu.

Total pengiriman smartphone Vivo tercatat sebanyak 99 juta unit. Adapun, pengiriman smartphone dari merek lainnya 362,7 juta unit.

Tercatat, jumlah pengiriman ponsel di dunia mencapai 1,2 miliar unit pada 2022. Jumlahnya turun 11,59 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 1,4 miliar unit.

IDC pun menilai penurunan ini dikarenakan adanya pelemahan permintaan ponsel pada tahun lalu, terlebih dengan adanya persediaan ponsel tercatat masih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper