Samsung Bikin Sensor 200MP ISOCELL HP2, Bisa Auto-Focus Saat Low-Light

Rahmi Yati
Kamis, 26 Januari 2023 | 13:09 WIB
Samsung/Reuters
Samsung/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Samsung Electronics merilis sensor gambar 200MP terbarunya, ISOCELL HP2, yang mengusung teknologi piksel untuk ponsel pintar premium generasi terbaru. Teknologi ini mampu menawarkan auto-focus yang cepat bahkan pada kondisi low-light.

Executive Vice President of Sensor Business Team, Samsung Electronics JoonSeo Yim mengatakan Samsung ISOCELL HP2 ini memanfaatkan teknologi sensor gambar beresolusi tinggi untuk menciptakan gambar yang lebih detail.

Dia menuturkan ISOCELL HP2 membungkus 200 juta piksel berukuran 0,6μm dalam format optik 1/1,3”, ukuran sensor yang banyak digunakan di kamera utama 108MP pada smartphone.

"ISOCELL HP2 dari Samsung membuat pengguna bisa menikmati resolusi yang lebih tinggi lagi di smartphone high-end terbaru tanpa tonjolan kamera di perangkat yang lebih besar," ujarnya dikutip dalam siaran pers, Kamis (26/1/2023).

Yim menuturkan, ISOCELL HP2 yang berbekal teknologi pixel-binning terbarukan dari Samsung, Tetra2pixel, akan membuat kamera jadi lebih serbaguna berkat kemampuan dalam menyimulasikan ukuran piksel yang berbeda demi menghadapi berbagai tingkat pencahayaan.

Pada kondisi low-light, sambung dia, sensor akan beradaptasi jadi sensor gambar 1,2μm 50MP atau 2,4μm 12,5MP dengan mengikat 4 hingga 16 piksel terdekatnya.

Untuk perekaman 8K yang lebih baik, kurang lebih pada resolusi 33MP, ISOCELL HP2 juga akan menggunakan mode 1,2μm 50MP untuk menangkap lebih banyak hal dalam satu frame dan meminimalkan pemotongan rasio gambar.

Tak hanya itu, Yim menambahkan, pada kondisi low-light, ISOCELL HP2 juga menghadirkan kemampuan auto-focus next level berkat Super QPD yang memungkinkan sensor gambar memakai seluruh 200 juta piksel yang ada untuk pemfokusan.

Dalam hal ini, piksel-piksel akan dikelompokkan pada area tertentu untuk mengenali perubahan pola fokus yang terjadi demi memberikan auto-focus yang lebih cepat dan akurat.

"Berkat melimpahnya data pola fokus yang terekam dan banyaknya piksel yang dimanfaatkan, sensor baru ini mampu menawarkan auto-focus yang cepat bahkan pada kondisi minim cahaya sekalipun," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper