Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Perbandingan Lenovo ThinkPad dan Lenovo IdeaPad, Mana Pilihanmu?

Lenovo Thinkpad dirancang untuk melayani kebutuhan para pebisnis sedangkan Lenovo IdeaPad sengaja dibuat untuk melayani kebutuhan konsumen rata-rata sehari-hari
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 20 Januari 2023  |  19:37 WIB
Perbandingan Lenovo ThinkPad dan Lenovo IdeaPad, Mana Pilihanmu?
Foto: Salah satu kantor milik e/commerce Shopee / India Times
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu produsen laptop berkualitas yang patut dipertimbangkan adalah Lenovo. Melalui dua produknya, yakni Lenovo ThinkPad dan Lenovo IdeaPad, kamu bisa mendapatkan alat elektronik yang sangat worth it untuk dimiliki. Tentu saja, sesuai dengan kebutuhanmu.

Secara sederhana, keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas dari segi konsumen. Bila Lenovo Thinkpad dirancang untuk melayani kebutuhan para pebisnis, maka Lenovo IdeaPad sengaja dibuat untuk melayani kebutuhan konsumen rata-rata sehari-hari. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa perbedaan antara keduanya di bawah ini!

Perbedaan Lenovo ThinkPad dan IdeaPad

  1. Desain
    Dari segi desain, ThinkPad merupakan laptop yang memiliki desain dasar yang efisien. Desain minimalis ini sangat cocok untuk target konsumennya, yang tidak terlalu mementingkan desain cantik dan fitur-fitur yang tidak perlu. Bisa dikatakan, ThinkPad mengorbankan sisi keindahan demi memberikan kekuatan yang maksimal.

    Sementara itu, IdeaPad memiliki desain yang lebih menarik dan jauh lebih baik. Lenovo IdeaPad memiliki desain yang ramping dan cukup ringan, sehingga sangat cocok untuk dibawa beraktivitas sehari-hari. 

  2. Performa
    Seri ThinkPad tidak perlu diragukan lagi performanya. Tak hanya memiliki masa pakai baterai yang lama, ThinkPad juga dibekali RAM berkualitas tinggi yang berpadu dengan Prosesor Intel. Sehingga laptop ini masuk dalam jajaran laptop terbaik karena kinerja yang apik. Secara umum, ThinkPad dibekali dengan RAM 8GB yang tahan lebih dari 5 tahun.

    Sementara itu, IdeaPad cukup kalah dalam hal performa dibandingkan dengan ThinkPad. Meski RAM yang dimiliki lebih sedikit, namun IdeaPad tetap kuat untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa masalah yang terlalu berarti.

  3. Layar
    Dari segi layar, ThinkPad memiliki tampilan berkualitas tinggi dengan layar 4K sepenuhnya. Sebagian besar variasinya memiliki layar berukuran 14 inci, meski beberapa variasi yang lain hadir dalam ukuran yang lebih kecil lagi.

    Sementara itu, tampilan Lenovo Ideapad masih cukup bagus meski tidak secerah jajaran Thinkpad. Walaupun kualitasnya tidak bisa dikatakan buruk, namun kualitas layar ThinkPad tetap lebih unggul jika dibandingkan dengan layar milik IdeaPad.

  4. Prosesor
    Prosesor ThinkPad cenderung menggunakan model yang lebih mahal dan berkualitas. Seperti pada series X1 Carbon, laptop tersebut telah menggunakan prosesor Intel Core i5, dan kemungkinan besar juga akan hadir dengan prosesor i7.

    Namun, mereka juga tetap memiliki series dengan prosesor AMD yang lebih hemat biaya. Misalnya pada ThinkPad T14 yang hadir dengan AMD Ryzen 7 PRO 4750U, yang merupakan prosesor 8 inti yang kuat.

    Tak berbeda jauh, IdeaPad juga menggunakan campuran prosesor Intel dan AMD di seluruh seriesnya. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah AMD Ryzen 5, hal ini membuat varian IdeaPad lebih murah daripada ThinkPad.

  5. Seri
    Perbedaan terakhir adalah pada series yang dimiliki masing-masing. Pada ThinkPad, kamu bisa menemukan Lenovo Thinkpad X Series yang merupakan seri ThinkPad dengan kualitas terbaik dan harga yang lebih mahal dari model lainnya. Ada pula E Series yang ditujukan untuk konsumen yang menginginkan laptop premium, namun tidak memiliki cukup uang.

    Series lainnya adalah L Series, yakni seri ThinkPad yang paling hemat energi dari Lenovo dan merupakan peningkatan dari seri E. Ada juga T Series yang dirancang dengan masa pakai baterai tahan lama, dan P Series yang ditujukan untuk desainer dan arsitek yang membutuhkan laptop yang lebih kuat, dan harganya sangat mahal.

Satu lagi series ThinkPad yang tidak boleh ditinggalkan adalah Yoga Series, yakni gabungan antara seri Thinkpad dan Yoga. Series ini merupakan laptop 2-in-1 yang bisa digunakan juga sebagai tablet yang multifungsi. 

Sementara itu, series yang dimiliki oleh Lenovo IdeaPad antara lain, adalah Lenovo Ideapad S Series, Lenovo Ideapad Gaming 3 Series, Lenovo Ideapad C Series, dan Lenovo Ideapad L Series. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan pribadi saat akan memilihnya.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara Lenovo ThinkPad dan Lenovo IdeaPad yang penting untuk diketahui. Bila kamu adalah seorang pebisnis, varian yang lebih cocok adalah ThinkPad yang kuat. Sementara bila kamu hanya butuh untuk kebutuhan ringan, varian IdeaPad sudah cukup mumpuni untuk dimiliki.

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu ingin membeli salah satu series dari ThinkPad atau IdeaPad? Itu adalah pilihan yang sangat tepat. Meskipun kamu belum memiliki uang cash, kamu tidak perlu khawatir karena ada pinjaman online cicilan 12 bulan di SPinjam.

Kamu bisa mengajukan pinjaman hingga Rp12 Juta yang bisa cair dalam satu hari. Tak hanya itu, fitur pinjaman online ini juga aman dan telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Yuk, beli laptop Lenovo IdeaPad atau Lenovo ThinkPad dengan SPinjam!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

shopee lenovo laptop OJK pebisnis
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top