Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv
Titik Nol Nusantara dalam kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.  -  BISNIS / Muhammad Ridwan
Lihat Foto
Premium

Menilik Progres Kesiapan Infrastruktur Teknologi di IKN

Kemenkominfo sampai dengan 2022 telah menyiapkan desain jaringan telekomunikasi di IKN Zona Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com
18 Januari 2023 | 18:33 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah merampungkan desain infrastruktur teknologi dan telekomunikasi untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) sejak tahun lalu. Terdapat sejumlah tantangan sebelum memulai pembangunan infrastruktur TIK di Ibu Kota baru tersebut.

Dirjen SDPPI Kemenkominfo Ismail mengatakan sejauh ini pemerintah belum menetapkan pihak yang akan ditugaskan untuk membangun infrastruktur telekomunikasi di IKN. Namun demikian Kemenkominfo sampai dengan 2022 telah menyiapkan desain jaringan telekomunikasi di IKN Zona Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) -1A.1.

“Rencana desain sampai dengan 2024 akan mencakup keperluan layanan telekomunikasi dasar [konektivitas] bagi pelanggan ritel [mobile broadband], maupun wifi serat optik [fixed broadband], dan pelanggan korporasi yang sejalan dengan business nature penyelenggara telekomunikasi,” kata Ismail kepada Bisnis.com, Rabu (18/1/2023).

Ismail menambahkan pada tahap lanjutan setelah 2024, rencana desain jaringan telekomunikasi akan dikembangkan untuk kebutuhan layanan vertikal nonritel atau beyond connectivity seperti untuk kota cerdas [smart city], Intelligent Transport System, Autonomous Car, smart building dan lain sebagainya.

“Namun hal ini perlu diskusi lanjutan yang lebih mendalam dengan kementerian/lembaga, Badan Otorita IKN dan stakeholder terkait yang menyediakan layanan dan ekosistem DNA [device network application],” kata Ismail.

Kemenkominfo terus melakukan koordinasi dengan para pemangku kepentingan untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur dan jaringan telekomunikasi sementara selama masa konstruksi.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana
Berlangganan Sekarang
back to top To top