Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

MDI dan Telkomsel 'Kawinkan' Startup & BUMN, Nilainya Tembus Rp2,4 Triliun

MDI Ventures dan Telkomsel mengawinkan startup dan BUMN dalam Nex-BE Fest dengan nilai sinergi hingga Rp2,4 triliun.
Khadijah Shahnaz Fitra
Khadijah Shahnaz Fitra - Bisnis.com 07 Desember 2022  |  13:27 WIB
MDI dan Telkomsel 'Kawinkan' Startup & BUMN, Nilainya Tembus Rp2,4 Triliun
Ilustrasi Startup. Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - MDI Ventures bersama dengan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) baru saja mengelar acara tahunan ‘Next Billion Ecosystem Festival’ (Nex-BE Fest). Acara ini pun mengundang startup dan BUMN untuk saling menjajaki potensi kolaborasi dan sinergi dalam sektor strategis.

Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya mengatakan MDI Ventures dan TMI memfasilitasi total 193 pertemuan bisnis antara 28 perusahaan BUMN dan 32 Startup di dalam portfolionya, seperti Qoala, Privy, Alodokter, Paxel, dan SiCepat.

Dia pun mengeklaim acara ini memecahkan rekor dengan memfasilitasi nilai sinergi antara startup dan BUMN hingga mencapai Rp2,4 triliun.

Sejak penyelenggaraan pertama pada 2019, inisiatif ini telah menghasilkan nilai sinergi sebesar lebih dari Rp7,4 triliun dari 498 'perjodohan' bisnis.

"Jumlah partisipan Nex-BE Fest tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 3,2x lipat, pertemuan bisnis meningkat 5,4x lipat, dan nilai sinergi yang dihasilkan juga meningkat 2,7x lipat dari awal penyelenggaraannya," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (7/12/2022).

Startup-startup digital yang telah memperoleh pendanaan dari MDI Ventures dan TMI dipertemukan dengan berbagai anak perusahaan TelkomGroup dan perusahaan BUMN lainnya untuk menggali potensi sinergi baru.

Ajang one-on-one ini dihadiri pula oleh beberapa BUMN, mulai dari Perhutani, ID Food, Pupuk Indonesia, Bank Syariah Indonesia, BioFarma, Kimia Farma, POS Indonesia, dan Perkebunan Nusantara.

Budi pun menjelaskan pentingya untuk memperhatikan synergy antar perusahaan BUMN serta memanfaatkan kekuatan kolektif aset dan kapabilitas BUMN untuk mensupport startup-startup digital Indonesia dan juga value creation pada project-project skala nasional yang ditangani oleh BUMN.

"Supaya eksekusi implementasi penguatan ekosistem digital dapat berkembang dalam skala yang besar, Nex-BE Fest 2022 hadir untuk memberikan kepastian di masa industri teknologi penuh ketidakpastian agar potensi peningkatan digital ekonomi Indonesia tercapai dan memberikan manfaat bagi seluruh stakeholder khususnya masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp investasi startup MDI Ventures telkomsel
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top