Siap-Siap! Suntik Mati Siaran TV Analog akan Dilanjutkan di 6 Daerah

Rahmi Yati
Rabu, 7 Desember 2022 | 23:30 WIB
Ilustrasi Perangkat set top box yang sudah mendapat sertifikat dari Kominfo dan tercatat antara lain Akari Set Top Box ADS-2230. /Kompub ASO-Wienda Parwitasari
Ilustrasi Perangkat set top box yang sudah mendapat sertifikat dari Kominfo dan tercatat antara lain Akari Set Top Box ADS-2230. /Kompub ASO-Wienda Parwitasari
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Proses migrasi siaran TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO) akan dilanjutkan ke enam wilayah setelah sebelumnya dilakukan di Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo dan Batam, pada 2 Desember 2022.

Komisioner KPI Pusat, Mohamad Reza, mengatakan rencana penghentian siaran analog tahap selanjutnya akan dilakukan di enam daerah yakni Surabaya, Makassar, Bali, Palembang, Medan, dan Banjarmasin.

“Kami mendapatkan informasi akan ada lanjut ke-6 wilayah lagi. Mungkin di minggu ini kami akan rapat koordinasi lagi bersama Kominfo, penyelenggara multipleksing, TV swasta non multipleksing, KPID, Kemenkopolhukam, Gabel [Gabungan Pengusaha Elektronik] dan Nielsen,” kata Reza dikutip dari laman resmi KPI, Rabu (7/12/2022).

Terkait rencana itu, Reza menyebut pihaknya meminta Kemenkominfo agar memberi perhatian sekaligus mengambil kebijakan untuk mempercepat penyaluran bantuan perangkat set top box (STB) kepada masyarakat.

Bukan itu saja, Kemenkominfo juga diminta memperhatikan ketersediaan STB di wilayah-wilayah yang akan dilakukan ASO.

“Kami juga akan mendengarkan masukan penyelenggara Mux dan TV swasta lain ke Kominfo. Meski begitu kami tetap akan meminta kominfo memperhatikan dan mempercepat distribusi bantuan STB ke seluruh masyarakat serta memperhatikan ketersediaan STB di daerah-daerah yang akan ASO,” ujar Reza.

Lebih lanjut, mengenai ASO di enam wilayah berikutnya, dia belum bisa menyampaikan kapan waktunya karena baru akan diputuskan dalam rapat koordinasi yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

“Tanggal pastinya belum tahu ya, infonya minggu kedua Desember ini. Kita lihat perkembangan pada rapat koordinasi selanjutnya. Nanti Kominfo yang akan menyampaikan,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, pemadaman siaran TV analog kembali dilakukan di sejumlah wilayah pada Jumat (2/12/2022) pukul 24.00 WIB.

Direktur Penyiaran Ditjen PPI Kemenkominfo, Geryantika Kurnia, mengatakan proses migrasi siaran TV analog ke TV digital tersebut berjalan dengan lancar.

"Alhamdulillah laporan dari penyelenggara TV, KPID, Balmon dan komunitas TV digital menyampaikan bahwa mereka telah melaksanakan penghentian siaran analog dan berpindah ke siaran ke TV digital di Bandung dan sekitarnya, Jogja, Solo dan sekitarnya, Semarang dan sekitarnya, Batam dan sekitarnya," kata Gerry kepada Bisnis, Minggu (4/12/2022).

Seiring kebijakan tersebut, dia mengimbau masyarakat yang masih menggunakan TV tabung agar melengkapi perangkatnya dengan tambahan STB sehingga bisa menikmati siaran TV digital. Dia mengimbau masyarakat untuk membeli STB yang bersertifikat.

"Beli STB yang sudah bersertifikat karena ada garansi dari pabrikan," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper