Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak! Ini Tips Agar Ponsel Tetap Awet dan Tahan Lama

Agar HP yang digunakan dapat awet dan tahan lama seharian, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 21 November 2022  |  10:27 WIB
Simak! Ini Tips Agar Ponsel Tetap Awet dan Tahan Lama
Warga memotret ponsel Samsung Galaxy S20 Series saat peluncurannya di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di era digitalisasi, gadget terutama ponsel menjadi perangkat yang tak lepas dari genggaman. Agar ponsel yang digunakan dapat awet dan tahan lama seharian, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

MX Product Marketing Senior Samsung Electronics Indonesia, Ricky Bunardi, mengatakan dulu smartphone harga murah sering dipandang sebelah mata karena dianggap cepat rusak dan sering lemot.

"Namun, saat ini ada beberapa tips yang bisa bikin smartphone kamu awet dan tahan lama. Saat ini juga banyak ponsel murah yang dibekali fitur dan teknologi kekinian seperti baterai besar," kata Ricky, dikutip Minggu (20/11/2022).

Menurutnya, awet atau tidaknya smartphone tetap bergantung pada kebiasaan pengguna. Namun, ada sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk merawat ponsel agar masa pakainya bisa lebih tahan lama.

Berikut ini tips pemakaian ponsel agar awet dan tahan lama:

1. Mengecas baterai dengan cermat

Ricky menyebut salah satu hal yang bikin smartphone jadi tidak nyaman digunakan adalah baterainya yang cepat melemah. Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya batasi penggunaan smartphone saat dicas untuk hal yang penting-penting saja.

"Sebab, kalau kita buka smartphone terus-menerus saat dicas, baterainya akan cepat bocor. Smartphone juga jadi nggak bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal," ujar Ricky.

Lebih lanjut, untuk memperpanjang usia baterai, dia juga menyarankan agar pengguna memperhatikan siklus pengisian daya. Ada baiknya mengecas ketika baterai perangkat sudah menyentuh angka 30 persen dan berhenti mengecas di kisaran 80–85 persen atau tak perlu menunggu sampai 100 persen. 

2. Gunakan layar smartphone dengan hati-hati

Bagi pengguna ponsel yang hobi main gim atau scrolling sosial media, Ricky menyarankan agar jangan menekan layar smartphone terlalu keras dan hindari scroll layar menggunakan kuku yang bisa membuat smartphone menjadi tidak awet. Ada baiknya juga memilih smartphone yang refresh rate layarnya minimal 60Hz.

"Kamu juga harus secara berkala membersihkan layar smartphone dengan kain lembut seperti kain microfiber seperti yang biasa digunakan untuk membersihkan kaca mata. Jangan gunakan tisu ataupun kain yang bertekstur karena bisa menggores layar smartphone-mu. Supaya lebih bersih lagi, tuangkan cairan pembersih ke kain microfiber sebelum membersihkan layar," jelasnya.

3. Rutin melakukan pembaruan sistem operasi dan aplikasi

Untuk menjaga performa smartphone tetap maksimal dari tahun ke tahun, diharapkan pengguna selalu memastikan update sistem operasi perangkat.

Dengan begitu, sambung Ricky, kinerja smartphone jadi lebih lancar, keamanan sistem jadi lebih terjaga, dan pengguna bisa dapat fitur dan tampilan baru pada smartphone.

"Selain update sistem operasi, kita juga perlu update aplikasi yang digunakan supaya aplikasi-aplikasi tersebut bisa tetap berjalan optimal tanpa sering lag," tambah Ricky.

Bukan itu saja, dia menuturkan bahwa dengan sistem operasi dan aplikasi yang selalu update, pengguna bisa menikmati manfaat maksimal dari jaringan 4G di perangkat yang digunakan.

Apalagi, imbuh Ricky, operator telekomunikasi di Indonesia akan menyelesaikan proses migrasi jaringan 3G ke 4G pada tahun ini.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ponsel smartphone hp handphone
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top