KTT G20, XL Axiata Catat Peningkatan Trafik Internet Hingga 80 Persen

Rahmi Yati
Kamis, 17 November 2022 | 23:30 WIB
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (XL Axiata) mencatatkan peningkatan trafik internet hingga 80 persen saat rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

"Rata-rata kenaikan trafik di lokasi-lokasi event G20 selama acara adalah 15-20 persen, kecuali di ITDC dan Apurva yang kenaikannya mencapai lebih dari 80 persen," kata Group Head Corporate Communication XL Axiata Retno Wulan, Kamis (17/11/2022).

Dia menyebut pada saat gelaran KTT G20 berlangsung, pihaknya menyiapkan tim khusus yang bersiaga melakukan monitoring dan memastikan jaringan internet tetap berfungsi dengan prima, serta mengantisipasi bila terjadi kendala.

Bahkan, sambung dia, XL Axiata juga berkoordinasi dan bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) untuk secara bersama-sama mendukung kesuksesan ajang G20 tersebut.

"Kolaborasi initentu bertujuan memastikan jaringan internet/data selama penyelenggaraan G20 beroperasi dengan prima," ucap Wulan.

Lebih lanjut dia memerinci, pada acara puncak KTT G20 15-16 November 2022, pihaknya menghadirkan layanan data dan internet super cepat yakni jaringan 4G dan 5G yang bisa diakses oleh para delegasi dan masyarakat dengan menggunakan smartphone 5G yang mendukung pita frekuensi 2.1 GHz dan 3.5 GHz.

Adapun sebelumnya, XL Axiata telah siap menghadirkan jaringan 4G dan 5G di 17 titik dalam rangka mensukseskan event internasional KTT G20 di Bali, 15-16 November 2022 kemarin.

Selain memastikan kualitas jaringan 4G dan jaringan 5G pada pita frekuensi 2.1 GHz, XL Axiata juga telah melakukan serangkaian uji coba 5G dengan spektrum 3.5 GHz dan menunjukkan hasil memuaskan. Perusahaan juga menggunakan pita frekuensi 2.1 Ghz yang didukung teknologi dynamic spectrum sharing (DSS).

Untuk jaringan 4G, XL Axiata telah memperkuat di sekitar seluruh area penyelenggaraan KTT G20 Bali, dengan total lebih dari 1.450 BTS 4G. Sebanyak 1 mobile BTS 4G juga disiapkan untuk memastikan kualitas di semua area yang melayani kebutuhan KTT G20.

Khusus di area Nusa Dua terdapat 33 BTS 4G dan Kuta 129 BTS. XL Axiata juga secara khusus memastikan kualitas jaringan data di sejumlah kawasan wisata, antara lain Sanur 38 BTS, Ubud 35 BTS, Kintamani 23 BTS, Seminyak 39 BTS, Jimbaran 76 BTS, Canggu 17 BTS, dan Nusa Penida 15 BTS.

Untuk menopang kebutuhan Denpasar sebagai kota terbesar dan teramai, XL Axiata mengoperasikan lebih dari 330 BTS. Sementara itu, untuk Bandara Internasional Ngurah Rai, telah siap dengan 9 BTS 4G, Pelabuhan Tanjung Benoa 4 BTS 4G, dan Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk 3 BTS 4G. Penguatan jaringan juga dilakukan di sepanjang jalur arteri dan tol menuju Nusa Dua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Editor : Ibad Durrohman
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper