Link Streaming Fenomena Gerhana Bulan Total di Langit Indonesia Sore Nanti

Restu Wahyuning Asih
Selasa, 8 November 2022 | 11:20 WIB
Gerhana bulan total/BMKG
Gerhana bulan total/BMKG
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) atau Blood Moon akan terlihat di langit seluruh wilayah Indonesia pada Selasa (8/11/2022) sore.

Astronom Planetarium dan Observatorium Jakarta Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki Widya Sawitar mengatakan, Blood Moon bisa dilihat pada pukul 15:02:17 WIB hingga 20:56:08 WIB.

Peneliti Pusat Riset Antariksa ORPA BRIN Andi Pangerang mengungkapan bahwa fenomena gerhana Bulan total ini akan terjadi selama hampir 1,5 jam.

"Gerhana Bulan total kali ini terjadi pada 8 November 2022 dengan durasi total selama 1 jam 24 menit 58 detik dan durasi umbral (sebagian + total) selama 3 jam 39 menit 50 detik," kata Andi, dikutip dari laman LAPAN.

Sedangkan untuk lebar gerhana Bulan Total kali ini sebesar 1,3589 dengan jarak pusat umbra ke pusat Bulan sebesar 0,2570. Gerhana ini termasuk ke dalam gerhana ke-20 dari 72 gerhana dalam Seri Saros 136 (1680-2960).

Menampakan Gerhana Bulan Total ini juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Planetarium dan Observatorium Jakarta.

Selain itu, Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (OR PA/LAPAN) juga akan menyiarkan pengamatan Gerhana Bulan Total ini.

Berikut link live streaming penampakan Gerhana Bulan Total atau Blood Moon yang terjadi hari ini, Selasa 8 November 2022:

Link live streaming 1
Link live streaming 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper