Apple Bakal Ubah Perintah Suara Jadi "Siri" Saja

Rahmi Yati
Senin, 7 November 2022 | 19:59 WIB
Apple. /Bloomberg
Apple. /Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple dikabarkan ingin mengubah perintah suara "Hey Siri" jadi lebih sederhana dengan cukup memanggil "Siri" untuk mengaktifkan fungsi dari asisten suara tersebut.

Rencana perubahan tersebut awalnya dilaporkan reporter Bloomberg Mark Gurman yang mengatakan perubahan itu akan terjadi pada 2024.

"Seperti yang dicatat oleh Gurman, Apple telah mengerjakan fitur ini selama beberapa bulan terakhir dan diperkirakan akan meluncurkannya tahun depan atau pada 2024," demikian dilansir dari The Verge, Senin (7/11/2022).

Meski begitu, agar fitur tersebut dapat berfungsi dengan baik, Apple tengah dalam pengembangan agar AI-nya bisa berfungsi dengan lebih baik. Sebab, asisten pintarnya itu perlu memahami satu kata dalam banyak aksen maupun dialek.

Frasa yang saat ini digunakan untuk mengaktivasi Siri yaitu "Hey Siri" dinilai lebih mudah dipahami oleh kecerdasan buatan dan membuatnya bisa mengerjakan permintaan pengguna perangkat Apple dengan lebih mudah.

Nampaknya, Apple mencoba mengikuti langkah serupa seperti yang telah dilakukan pesaingnya Amazon dengan mengganti "Hei Alexa" jadi Alexa.

Langkah ini juga akan menempatkan Siri selangkah lebih maju dari Google Assistant, yang membutuhkan frasa "Ok Google" atau "Hai Google" untuk mengaktifkannya.

Pun dengan yang dilakukan Microsoft yang telah mengubah kata aktivasi untuk asisten pintarnya dari "Hey Cortana" ke "Cortana" saja pada speaker pintar sebelum mematikan asisten suara itu tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper