Per 1 November 2022, Google Hangouts Resmi Berhenti Beroperasi

Rahmi Yati
Rabu, 2 November 2022 | 18:00 WIB
Kantor pusat Google di Mountain View, California, Amerika Serikat./Bloomberg
Kantor pusat Google di Mountain View, California, Amerika Serikat./Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Google Hangouts, aplikasi obrolan teks, video, dan suara yang terpasang di Gmail resmi berhenti operasi atau ditutup per 1 November 2022.

Dikutip dari TechCrunch, Rabu (2/11/2022), Google telah mengalihkan pengguna Hangouts ke Google Chat, aplikasi pesan instan mirip Slack untuk bisnis.

"Per 1 November 2022, aplikasi web Google Hangouts tidak lagi tersedia. Ini adalah penawaran Hangouts terakhir yang tersedia bagi pengguna," demikian tulis manajemen. 

Kebijakan ini sebenarnya telah diumumkan Google sejak awal tahun lalu. Setelah mengumumkan akan menghentikan Hangouts, manajemen meminta pengguna untuk bermigrasi ke Chat.  

Sayangnya, meskipun sebagian besar pesan dan kontak akan ditransfer secara otomatis, tidak semua data akan dimigrasikan ke Google Chat.  

"Pengguna harus menggunakan Google Takeout untuk mengunduh dan menyimpan salinan data mereka. Pengguna memiliki waktu hingga Januari 2023 untuk menyimpan data Hangouts mereka," tambah Google. 

Adapun Hangouts telah dimulai sebagai fitur di Google+ sebelum jadi aplikasi mandiri. Layanan perpesanan ini memiliki 5 miliar unduhan di Google Play Store. 

Sebelumnya, Google mengatakan bahwa Chat adalah cara yang lebih baik bagi pengguna untuk terhubung dengan orang lain. Namun meskipun tidak dapat sepenuhnya menggantikan Hangouts, Chat menyediakan fitur tambahan untuk percakapan grup serta alat keamanan dan kolaborasi seperti Spaces dan mengedit Dokumen, Slide, atau Spreadsheet secara berdampingan dengan pengguna lain. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper