Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mengenal Apa itu Komunikasi? Ini Fungsi dan Tujuannya

Komunikasi adalah proses pemindahan pesan dari komunikator kepada komunikan. Simak penjelasan lengkapnya. 
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 29 Oktober 2022  |  15:48 WIB
Mengenal Apa itu Komunikasi? Ini Fungsi dan Tujuannya
Komunikasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Komunikasi adalah sebuah bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Arti komunikasi adalah proses penyampaian makna dari satu kelompok ke kelompok lainnya melalui penggunaan tanda, simbol atau aturan semiotika yang dipahami bersama. 

Komunikasi dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara langsung dan tidak langsung. Komunikasi secara langsung merupakan komunikasi dengan lisan atau verbal sehingga dapat memudahkan kedua belah pihak untuk saling mengerti. 

Sedangkan komunikasi secara tidak langsung merupakan komunikasi dengan suatu aktivitas penyampaian informasi, baik itu pesan, ide dan gagasan dari satu pihak ke pihak lainnya yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang komunikasi yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Fungsi Komunikasi

  • Mendidik 
    Manusia tumbuh menjadi pribadi yang baik karena didikan yang disampaikan lewat informasi. Saat bayi, ibu akan berkomunikasi dengan anaknya sehingga anak tersebut paham dengan bahasa. Pendidikan melalui komunikasi berlanjut ke sekolah, perguruan tinggi hingga ke kehidupan masyarakat. 
  • Menyampaikan informasi 
    Komunikasi memungkinkan manusia untuk menyampaikan informasi. Seperti ilmu pengetahuan yang disampaikan melalui buku, berita yang disampaikan melalui televisi hingga informasi lainnya yang disampaikan melalui sosial media. 
  • Mempengaruhi 
    Komunikasi juga bisa mempengaruhi Tindakan dan pikiran seseorang sehingga munculnya peribahasa tak kenal maka tak sayang. Peristiwa mengenal dilakukan dengan komunikasi. Seperti sosialisasi kesadaran lingkungan yaitu bentuk komunikasi yang mempengaruhi orang lain untuk peduli terhadap lingkungan. 
  • Menghibur 
    Komunikasi dapat menjadi alat untuk menghibur seseorang. Seperti menyampaikan rasa simpati Ketika seseorang sedang bersedih, buku motivasi yang menghibur, acara televisi yang menyenangkan, dan juga musik dengan lirik penyemangat. 

2. Tujuan komunikasi

  • Agar komunikator mudah dimengerti oleh komunikan
    Dengan adanya tujuan ini, komunikator harus menyampaikan pesan utama sejelas mungkin agar dimengerti oleh komunikan. 
  • Agar pendapat bisa diterima orang lain
    Komunikasi secara persuasif sering kali dilakukan untuk menyampaikan gagasan atau ide seseorang terhadap orang lain. Tujuannya adalah agar ide dan gagasan tersebut dapat diterima. 
  • Agar bisa mengenal orang lain
    dengan adanya interaksi dan komunikasi maka setiap orang saling mengenali dan memahami satu sama lain. Kemampuan membaca, mendengar dan mengartikan pesan orang lain dengan baik merupakan hal yang penting dalam aktivitas komunikasi. 

3. Jenis-Jenis Komunikasi

  • Komunikasi non verbal 
    Komunikasi non verbal merupakan komunikasi yang menggunakan bahasa dalam bentuk bukan lisan. Contoh komunikasi non verbal seperti komunikasi melalui surat-menyurat, membaca buku dan juga membaca website. Bahasa isyarat juga bentuk dari komunikasi non verbal karena tidak menggunakan bahasa lisan tetapi menggunakan isyarat tubuh. 
  • Komunikasi verbal 
    Jenis komunikasi verbal adalah komunikasi yang menggunakan bahasa dalam bentuk lisan untuk bertukar informasi. Contoh komunikasi verbal adalah mengobrol tatap muka, mengobrol melalui telepon hingga pidato.
    • Komunikasi internal 
      Komunikasi vertikal adalah komunikasi yang terjadi antara dua orang dalam posisi yang lebih tinggi dan orang dengan posisi yang lebih rendah dalam suatu organisasi. Seperti komunikasi antara pemimpin dan anggotanya.
    • Komunikasi diagonal merupakan komunikasi yang terjadi antara orang-orang yang berbeda kedudukan tetapi tidak pada jalur yang sama sehingga tidak memiliki wewenang untuk saling mempengaruhi. Contohnya seperti komunikasi antar satu anggota departemen dengan kepada departemen yang bukan bidangnya. 
      Komunikasi horizontal merupakan komunikasi yang terjadi antara orang-orang dalam posisi sederajat dalam suatu organisasi. Seperti komunikasi antar anggota dalam satu departemen.
    • Komunikasi eksternal 
      Jenis komunikasi ini adalah komunikasi yang terjadi antara organisasi dengan lingkungan di luarnya. Misalnya komunikasi perusahaan dengan masyarakat sekitar. 


Itulah beberapa hal tentang komunikasi yang perlu kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komunikasi informasi edukasi Tips kehidupan tips gaya hidup
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top