Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Oracle Rilis Java 19 Versi Terbaru, Apa Kelebihannya?

Java 19 diklaim menghadirkan ribuan peningkatan kinerja, stabilitas, dan keamanan, termasuk peningkatan pada platform yang akan membantu para pengembang.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 01 Oktober 2022  |  15:17 WIB
Oracle Rilis Java 19 Versi Terbaru, Apa Kelebihannya?
Oracle merilis Java 19, diklaim menghadirkan ribuan peningkatan kinerja, stabilitas, dan keamanan, termasuk peningkatan pada platform yang akan membantu para pengembang meningkatkan produktivitas dan mendorong inovasi di bisnisnya.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Oracle mengumumkan dirilisnya versi terbaru dari bahasa pemrograman dan platform pengembangannya, yaitu Java 19 (Oracle JDK 19).

 

Managing Director Oracle Indonesia Davian Omas menjelaskan ketersediaan Java 19 diklaim menghadirkan ribuan peningkatan kinerja, stabilitas, dan keamanan, termasuk peningkatan pada platform yang akan membantu para pengembang meningkatkan produktivitas dan mendorong inovasi di bisnisnya.

 

“Seiring dengan perecepatan upaya transformasi digital yang terjadi secara terus menerus saat ini, komunitas developer akan berperan penting dalam perjalanan ini,” katanya, dikutip melalui rilisnya, Sabtu (1/10/2022)

 

Lebih lanjut, dia menjelaskan Java Development Kit (JDK) menyediakan pembaruan dan peningkatan dengan 7 Enhancement Proposals JDK (JEP). Sebagian besar pembaruan ini akan dihadirkan sebagai fitur pratinjau tindak lanjut yang meningkatkan fungsionalitas yang diperkenalkan pada versi sebelumnya.

 

JDK 19 memberikan peningkatan bahasa dalam projek OpenJDK Amber (Pola Rekam dan Pencocokan Pola untuk Switch); peningkatan perpustakaan untuk beroperasi dengan Kode non-Java (Fungsi Asing dan API Memori) dan memanfaatkan instruksi vektor (API Vektor) dari proyek OpenJDK Panama.

 

Tidak hanya itu, teknologi ini memiliki pratinjau pertama untuk Project Loom (Utas Virtual dan Konkurensi Terstruktur) yang secara drastis akan mengurangi upaya yang diperlukan untuk menulis dan memelihara aplikasi bersamaan dengan throughput tinggi di Java.

 

Selain itu, dia menjabarkan pembaruan paling signifikan yang disampaikan di Java 19 adalah peningkatan Bahasa.

 

“Contoh, JEP 405 pola rekam (preview) memungkinkan pengguna untuk menyusun pola rekaman dan pola tipe untuk membuat bentuk navigasi dan pemrosesan data yang kuat, deklaratif, dan dapat disusun. Ini memperluas pencocokan pola untuk memungkinkan permintaan data yang lebih canggih dan dapat disusun,” tuturnya.

 

Adapun, kemampuan terbaru Java 19 akan dipamerkan di JavaOne 2022 pada 17-20 Oktober di Las Vegas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

oracle digital aplikasi
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top