Tokopedia Marketing Solutions, Solusi Pemasaran Menyeluruh Bagi Pelaku Bisnis di Indonesia

Media Digital
Jumat, 23 September 2022 | 11:43 WIB
Foto : Dok. Tokopedia
Foto : Dok. Tokopedia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tokopedia, sebagai perusahaan teknologi Indonesia, menghadirkan Tokopedia Marketing Solutions guna mempermudah mitra strategis, khususnya pelaku bisnis di Indonesia dari berbagai skala, untuk memaksimalkan potensi platform e-commerce dalam strategi pemasarannya. 

VP of Marketing Solutions Tokopedia, Edwin Chayadi, menjelaskan, “Tokopedia Marketing Solutions merupakan solusi pemasaran menyeluruh dari Tokopedia untuk membantu pelaku bisnis mencapai tujuan promosi dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.”

Melalui Tokopedia Marketing Solutions, para pelaku bisnis di Indonesia bisa mendapatkan berbagai keuntungan, antara lain menjangkau lebih banyak pengguna Tokopedia yang tersebar di 99% kecamatan, presence di seluruh consumer purchase journey mulai dari saat konsumen mengeksplor halaman utama Tokopedia, mencari produk, ataupun dari media sosial Tokopedia. 

Tokopedia Marketing Solutions juga bisa membantu pelaku bisnis menargetkan iklan ke profil konsumen yang tepat lewat pemanfaatan data konsumen sesuai regulasi yang berlaku serta prinsip keamanan dan perlindungan data pribadi. 

Serta always-on-marketing, yang memberikan kemudahan dalam membuat, mengelola, dan memaksimalkan iklan dengan teknologi sehingga pelaku bisnis bisa lebih fokus mengembangkan usahanya.  

Pelaku bisnis di Indonesia bisa memanfaatkan berbagai kanal promosi yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions untuk mengembangkan bisnis, antara lain dengan promosi di halaman utama Tokopedia, menggunakan fitur beriklan ‘TopAds’ agar produk tampil teratas di halame-commercean pencarian, dan beriklan di fitur Pencarian. 

Ada pula fitur iklan di halaman Notifikasi dan Pesan, yang mencakup Broadcast Chat (untuk mempromosikan produk langsung di inbox/kotak masuk pengguna), Push Notifications (penjual bisa mengirim pesan promosi untuk mengarahkan calon pembeli ke halaman toko) dan Notification Center (promosi akan muncul di halaman notifikasi pengguna).

Penjual yang menggunakan Tokopedia Marketing Solutions juga bisa beriklan dalam sebuah permainan interaktif, seperti Tap Tap Kotak, yang berhadiah kupon atau cashback, mempromosikan produk/toko melalui tayangan di kanal streaming Tokopedia Play, serta memaksimalkan media sosialnya menggunakan Collaborative Ads bersama Tokopedia.

“Keuntungan yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions terbukti efektif. Kami mencatat bahwa per semester I 2022, Tokopedia Marketing Solutions mengalami pertumbuhan nilai investasi iklan sebesar 17 kali lipat, dan pertumbuhan jumlah mitra strategis dari penjual berskala menengah sampai besar sebanyak 30 kali lipat,” tambah Edwin.

Tokopedia Marketing Solutions, Solusi Pemasaran Menyeluruh Bagi Pelaku Bisnis di Indonesia

Berbagai pelaku bisnis di Indonesia, dari beragam skala dan kategori, telah merasakan manfaat dari Tokopedia Marketing Solutions. Misalnya sebuah brand fesyen berhasil mendapatkan peningkatan sebesar 103% pada rata-rata jumlah pesanan.

Ada juga sebuah perusahaan FMCG yang memperoleh 146% peningkatan pendapatan dan peningkatan jumlah pemesanan 169%. Serta brand makanan dan minuman yang mendapatkan peningkatan pendapatan rata-rata sebesar 156% dan 279% pada rata-rata jumlah pemesanan. 

“Ke depannya, Tokopedia Marketing Solutions akan terus berupaya membantu pelaku bisnis di Indonesia dari berbagai skala dan kategori, untuk mengakselerasi performa bisnis mereka di Tokopedia guna membantu pemulihan ekonomi nasional lewat pemanfaatan kanal digital,” tutup Edwin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper