Kamera iPhone 14 Pro Bergetar, Begini Komentar Apple

Khadijah Shahnaz
Kamis, 22 September 2022 | 08:38 WIB
iPhone 14/Bloomberg
iPhone 14/Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah iPhone 14 Pro mulai digunakan, beberapa pengguna mengeluhkan kamera bergetar ketika menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga seperti Snapchat, TikTok, dan Instagram. Bug menyebabkan kamera bergetar tak terkendali sehingga menghasilkan video yang terasa goyah.

Dilansir dari Macrumors Kamis (22/9/2022), ketika ditanya apakah pengguna  yang telah mengalami masalah pada iPhone baru mereka harus mengunjungi Apple Store atau Penyedia Layanan Resmi Apple, Apple mengatakan pengguna hanya perlu memperbarui iPhone mereka setelah pembaruan perangkat lunak dengan perbaikan yang akan dirilis minggu depan.

Jawaban Apple ini sekaligus menunjukkan bahwa masalah tersebut tidak menyebabkan kerusakan perangkat keras permanen pada perangkat.

"Kami mengetahui masalah ini dan perbaikan akan dirilis minggu depan," kata juru bicara Apple kepada MacRumors dilansir pada Kamis (22/9/2022)

Apple tidak memberikan rincian lebih lanjut, tetapi kemungkinan perbaikan akan disertakan dalam pembaruan perangkat lunak iOS 16.0.2.

Setelah peluncuran iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, beberapa pengguna mengeluhkan lensa utama/bawah kamera belakang bergetar tak terkendali ketika kamera dibuka di aplikasi seperti Snapchat, TikTok, dan Instagram. Alhasil, getaran tersebut membuat lensa mengeluarkan suara berderak dan video goyah muncul di jendela bidik pada perangkat.

YouTuber Luke Miani mengeklaim bahwa masalah tersebut mengakibatkan lensa utama pada iPhone 14 Pro Max yang ia uji tidak dapat fokus dengan benar dalam penggunaan berikutnya, bahkan di aplikasi Kamera.

Miani mengatakan dia membawa iPhone ke Apple Store dan dapat menukar perangkat dengan yang baru, tetapi tidak jelas apakah ada kerusakan permanen.

Adapun, Apple belum mengungkapkan penyebab mendasar dari masalah ini. Lensa utama pada kedua model iPhone 14 Pro menampilkan stabilisasi gambar optik pergeseran sensor 'generasi kedua' yang baru, dan ada kemungkinan bahwa stabilizer tersebut bekerja karena alasan yang tidak jelas, tetapi ini hanya spekulasi. Bagaimanapun, masalahnya harus diperbaiki dalam hitungan hari.

Sayangnya, masih belum jelas apakah pembaruan minggu depan akan mengatasi beberapa bug kamera dan AirDrop lainnya yang telah ditemukan pada model iPhone 14 sejak diluncurkan pada hari Jumat lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper