Telkom (TLKM) Gandeng AWS Perkuat Bisnis B2B

Khadijah Shahnaz
Rabu, 7 September 2022 | 17:22 WIB
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) resmi menjalin kemitraan strategis dengan Amazon Web Services (AWS).

Kemitraan strategis ini merupakan upaya Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi nasional dan mendukung percepatan solusi dan teknologi cloud computing kepada pelaku industri digital seperti startup, sektor swasta, BUMN, dan institusi pemerintah.

Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya menjelaskan kedua pihak berkomitmen untuk menyediakan akses teknologi dan solusi cloud, membangun pemberdayaan digital ekosistem Indonesia.

“Kami juga berharap kemitraan ini dapat mempercepat implementasi inisiatif strategis perusahaan, serta memastikan TelkomSigma dapat terus memimpin segmen pasar IT B2B di Indonesia," ungkap Budi dalam keterangan resmi, Rabu (7/9/2022).

Sebagai bagian dari pilar inti go-to-market (GTM), Telkom menunjuk TelkomSigma sebagai pemimpin B2B Digital IT Services dan pengembang solusi layanan cloud Telkom Group untuk bekerja sama dengan AWS dan mitranya dalam rangka mendukung percepatan solusi berbasis cloud computing untuk semua pelaku usaha di Indonesia.

Sebelumnya, Telkom telah menyuntikkan dana sebesar Rp2,59 Triliun kepada Telkomsigma pada April 2022 guna mempercepat kapabilitas dan kapasitas untuk melayani permintaan cloud yang berkembang pesat di Indonesia.

Telkom menilai saat ini TelkomSigma telah meningkatkan kapasitas dan kapabilitas cloud services dengan kemampuan untuk menyediakan cloud hybrid melalui kolaborasi strategis dengan mitra global.

Budi selaku chairman dari TelkomSigma mengatakan TelkomSigma sendiri telah terdaftar sebagai mitra AWS bersertifikat di Indonesia yang memungkinkannya dapat menyediakan layanan cloud computing AWS untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Kebutuhan penyediaan layanan cloud AWS dari pelanggan melalui TelkomSigma untuk memperoleh layanan cloud yang andal dalam melayani kebutuhan transformasi digital mereka. Tentunya ini sejalan dengan visi TelkomSigma sebagai “The Preferred Digital Transformation Partner.”

Selanjutnya TelkomSigma juga terus mengembangkan kemampuan untuk mengelola cloud dengan AWS melalui peningkatan kemampuan sumber daya manusia ke tingkat yang lebih tinggi.

Dalam pelaksanaannya, kemitraan strategis dan pembangunan berkelanjutan ini ditargetkan tercapai pada pertengahan 2023, seiring dengan pertumbuhan bisnis cloud yang tumbuh secara berkelanjutan di Indonesia serta diprediksi akan mencapai Rp30,5 triliun pada 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper