Apa itu iPhone HDC? Ini Ciri-Ciri dan Perbedaanya

Alifian Asmaaysi
Selasa, 23 Agustus 2022 | 15:43 WIB
Tampilan iOS 16 pada perangkat iPhone. Waspada replika iPhone/Apple
Tampilan iOS 16 pada perangkat iPhone. Waspada replika iPhone/Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kehadiran iPhone replika atau HDC di pasar elektronik jelas sudah bukan  rahasia lagi. Biasanya, ponsel-ponsel yang direplika adalah ponsel yang berada dalam taraf mid range atau high end seperti iPhone dan ponsel sekelas lainnya.  Lantas bagaimana cara membedakannya?

Untuk diketahui, HDC adalah singkatan dari High Detailed Copy, tentunya seperti namanya, secara tampilan dan desain smartphone HDC ini sangatlah memiliki kemiripan.

Bahkan, tak hanya mengedepankan kemiripan visual saja, terdapat pula beberapa perusahaan HDC yang memproduksi smartphone dengan spesifikasi yang cukup tinggi.

Meskipun keberadaan smartphone berbasis HDC ini sudah sangat terkenal sampai saat ini. Namun, tentunya kualitas barang replika tidak bisa melebihi barang asli.

Berikut kekurangan dan keuntungan gunakan ponsel HDC yang perlu disimak:

Kekurangan

• Tidak memiliki garansi resmi.

• Jika rusak, sulit untuk diservis dengan aksesoris yang sulit ditemukan.

• Fitur dan teknologinya di bawah rata-rata.

• Rentan terhadap Virus dan Malware.

Keuntungan

• Harga sangat murah

• Bisa membuatmu pamer, tapi jangan biarkan dia menggunakannya

iPhone seringkali menjadi incaran HP HDC, karena selalu laris di pasaran dan juga memiliki harga yang mahal. Sehingga banyak produsen ponsel HDC yang mencari peluang dengan bentuk dan isi yang sama namun lebih murah.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah iPhone yang Anda beli adalah produk asli atau ori iPhone HDC. Berikut beberapa ciri di antaranya:

Ciri-Ciri iPhone HDC

1. Cek Toko Aplikasi (Appstore)

Cara termudah untuk mengetahui perbedaan antara iPhone HDC dan ORI adalah dengan melihat fitur App Store. Biasanya HP HDC menggunakan fitur Android, yaitu Google Play Store yang dikustomisasi mirip dengan App Store. sangat mudah jika anda sangat jeli terhadap menu dan fitur pada iPhone HDC.

2. Cermati Sistem Operasi iOS

Umumnya, iPhone HDC hanya dilengkapi dengan sistem perangkat android dengan tampilan yang sudah dimodifikasi. Karenannya, penting untuk mengkomparasikan sistem iOS sebelum membeli ponsel.

3. Garansi

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, ponsel HDC umumnya tak akan memiliki garansi. Untuk diketahui setiap ponsel selalu memiliki IMEI. Jadi bagi Anda yang ingin melihat ponsel iPhone yang akan Anda beli itu ori atau HDC hal pertama yang perlu di cek adalah keberadaan IMEI iPhone.

4. Periksa Tombol Tangkapan Layar

Ternyata, untuk melihat apakah iPhone tersebut HDC atau Ori bisa dilakukan dengan melakukan pengecekkan saat hendak melakukan tangkapan layar. Iphone original akan bisa melakukan tangkapan layar dengan menggunakan tombol kunci dan tombol home secara bersamaan.

Namun, jika hal tersebut tak bisa dilakukan pada ponsel yang hendak dibeli Anda perlu waspada. Karena iPhone HDC tidak akan dapat mengambil screenshot dengan tombol tersebut.

5. Selisih Harga yang Sangat Signifikan

Sebelum membeli, Anda dapat melakukan observasi untuk mencari harga rata-rata dari ponsel yang Anda cari. Jangan pernah tergiur untuk membeli iPhone dengan harga yang kelewat murah dan berada jauh dibawah harga pasaran, karena sudah dapat dipastikan ponsel yang dijual tersebut merupakan ponsel HDC.

6. iPhone tak Miliki Slok MicroSD

Penting menjadi catatan, versi ori iPhone tidaklah memiliki slot kartu MicroSD. Sehingga, jika Anda menemukan iPhone yang dilengkapi dengan slot MicroSD dapat dipastikan ponsel yang Anda miliki adalah ponsel HDC.

7. Cermati Material Desainnya

Meskipun ponsel HDC memiliki tampilan visual desain yang sangat mirip dengan aslinya, umumnya akan terdapat beberapa perbedaan pada material ponsel yang menyosongnya. Hal yang paling mencolok adalah, umumnya iPhone Ori menggunakan material yang berkualitas sementara iPhone HDC cenderung menggunakan bahan plastik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper