Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asteroid Sebesar 2 Kali Lapangan Sepak Bola Dekati Bumi Malam Ini

Sebuah asteroid yang lebih lebar dari dua lapangan sepak bola akan meluncur melewati Bumi pada Kamis dini hari (4 Agustus).
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 04 Agustus 2022  |  07:55 WIB
Asteroid Sebesar 2 Kali Lapangan Sepak Bola Dekati Bumi Malam Ini
Asteroid Sebesar 2 Kali Lapangan Sepak Bola Dekati Bumi Malam Ini

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini, ada dua fenomena langit yang mengancam bumi, yakni asteroid seukuran dua kali lapangan sepak bola dan juga badai matahari.

Melansir Livescience, sebuah asteroid yang lebih lebar dari dua lapangan sepak bola akan meluncur melewati Bumi pada Kamis dini hari (4 Agustus). Asteroid akan melintas pada pukul 12:23 pagi. (ET). Artinya, itu adalah jam dinihari Jumat 5 Agustus waktu Indonesia.

Astronom NASA menemukan asteroid, yang dikenal sebagai 2022 OE2, hanya beberapa hari yang lalu, pada 26 Juli.

Batu ruang angkasa yang gemuk itu diperkirakan berukuran antara 557 dan 1.246 kaki (170 hingga 380 meter), yaitu sekitar dua kali lebar sepak bola Amerika. .bidangnya panjang.

Para astronom juga mengkonfirmasi bahwa 2022 OE2 adalah asteroid kelas Apollo, yang berarti mengorbit matahari dan melintasi jalur orbit Bumi, Live Science sebelumnya melaporkan. (Para astronom mengetahui sekitar 15.000 asteroid semacam itu.)

Dampak dari asteroid sebesar ini akan melepaskan lebih banyak energi daripada 1.000 bom nuklir. Namun, yang ini akan kehilangan Bumi dengan selisih yang lebar, menurut Laboratorium Propulsi Jet NASA.

Asteroid 2022 OE2 diperkirakan akan melewati Bumi pada jarak sekitar 3,2 juta mil (5,1 juta kilometer) — lebih dari 13 kali jarak rata-rata antara Bumi dan bulan. Untuk konteksnya, ini secara signifikan lebih jauh dari asteroid 2022 NF, yang hanya berjarak 56.000 mil (90.000 km) — atau sekitar 23% jarak rata-rata antara Bumi dan bulan — pada 7 Juli.

NASA memantau puluhan ribu objek dekat Bumi seperti ini dan telah memperkirakan lintasan semuanya melampaui akhir abad ini. Kabar baiknya adalah, Bumi tidak dalam bahaya dampak asteroid yang dahsyat setidaknya selama 100 tahun ke depan, kata NASA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asteroid nasa bumi fenomena alam
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top