Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tenang! Kemenkominfo Sebut Steam dkk Segera Daftar PSE

Kemenkominfo meyakinkan sejumlah platform gim sudah melakukan korespondensi untuk segera mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 31 Juli 2022  |  15:20 WIB
Tenang! Kemenkominfo Sebut Steam dkk Segera Daftar PSE
Ilustrasi logo aplikasi gim Steam. (ANTARA/HO - Steam)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan beberapa platform gim yang saat ini terblokir sudah melakukan komunikasi dan akan segera mendaftarkan diri sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan saat ini sudah ada 30 PSE yang melakukan korespondensi, antara lain Steam, Dota, dan CS Go. Adapun gim platform lainnya yang terkena blokir seperti Origin dan Epic Games belum melakukan korespondensi 

"Ini mereka sedang memproses mudah-mudahan dalam waktu dekat juga sudah bisa melengkapi dan layanan ini segera bisa digunakan oleh masyarakat," ujarnya dalam konferensi pers, Minggu (31/ 7/2022)

Dia pun menjelaskan pihaknya sudah menyediakan alternatif pengganti Steam yang menyediakan gim bagi developer Indonesia yang menggunakan Steam. Kemenkominfo akan membeicarakan alternatif ini bersama Asosiasi Game Indonesia (AGI) serta kementerian terkait.

"Karena kami melihat potensi industri gim di Indonesia itu besar sekali, kita membuat alternatifnya. Kami juga berharap Steam untuk segera melengkapi persyaratan PSE ini "jelasnya

Semuel mengatakan dengan ada alternatif ini, seharusnya para developer gim Indonesia menggunakan kesempatan ini untuk mengganti posisi developer asing.

Hingga  saat ini Kemenmominfo mencatat 9.039 platform telah terdaftar, terdiri dari 289 PSE Asing dan 8.750 PSE domestik. Adapun yang terkena suspend dikarenakan data yang tidak lengkap atau valid saat ini ada 63.

"Yang diblokir itu ada tujuh. Tapi kami membuka blokir Paypal untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat melakukan migrasi. Jadi sekarang ada enam," tutupnya.

Berikut Enam Situs Diblokir Kemenkominfo:

  1. Yahoo
  2. Epic Games (platform distribusi gim)
  3. Steam (platform distribusi gim)
  4. Dota (gim)
  5. Counter Strike (gim)
  6. Origin (EA)

Sebelumnya, Semuel mengatakan pemutusan akses terhadap PSE yang belum melakukan pendaftaran sistem elektronik tidak bersifat permanen.

Menurutnya, pemutusan pemblokiran terhadap sejumlah PSE akan dilakukan jika sudah melengkapi pendaftaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) kemenkominfo game online Penyedia Sistem Elektronik (PSE)
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top