Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkominfo Evaluasi 22 Menara Telekomunikasi di Area Candi Borobudur

Kemenkominfo melakukan evaluasi untuk tata ulang 22 menara telekomunikasi di area Candi Borobudur.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 14 Juli 2022  |  17:20 WIB
Kemenkominfo Evaluasi 22 Menara Telekomunikasi di Area Candi Borobudur
Teknisi memasang perangkat Base Transceiver Station (BTS) di salah satu tower di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3/2020). - Bisnis/Paulus Tandi Bone\r\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan melakukan penataan ulang terhadap 22 menara telekomunikasi serta pembangunan infrastruktur digital baru yang diperlukan di kawasan Candi Borobudur.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka mempercepat kawasan itu sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

"Khusus di sektor komunikasi dan informatika akan dilakukan penataan ulang 22 menara telekomunikasi serta pembangunan infrastruktur digital baru yang diperlukan," kata Johnny, Kamis (14/7/2022).

Menurut Johnny, penataan infrastruktur pendukung manajemen dan wajah baru Candi Borobudur ini dirancang secara menyeluruh. Termasuk di dalamnya infrastruktur fisik jalan dan sarana prasarana fisik serta infrastruktur digital.

Adapun dalam kaitannya dengan infrastruktur digital, pihaknya telah melakukan penataan dan evaluasi di area radius 5 km dari pusat Candi Borobudur yang terdapat 22 menara telekomunikasi.

"Kemenkominfo bersama ekosistem Kominfo akan melakukan re-design atau desain baru agar menjadi bagian dari penataan keindahan kawasan Candi Borobudur dengan tetap memperhatikan layanan telekomunikasi di sekitar candi," imbuhnya.

Lebih lanjut Menkominfo mengapresiasi operator seluler, operator menara telekomunikasi dan penyelenggara layanan fiber optik yang telah berkomitmen menata infrastruktur telekomunikasi agar mendukung keindahan kawasan Candi Borobudur.

Dia menyebut proses ini tentu akan sedikit memakan waktu dan membutuhkan biaya. Namun komitmen yang telah diberikan operator patut diberikan apresiasi dan pendampingan bersama agar pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik.

"Kami juga telah melakukan koordinasi dengan instansi dan pemerintah daerah agar semua proses perizinan serta komunikasi pemangku kepentingan setempat berjalan dengan lancar dan lebih cepat," ucap Johnny.

Sebagai tambahan, dia menuturkan bahwa ketinggian ideal menara telekomunikasi di sekitar kawasan Candi Borobudur maksimal sama dengan ketinggian teras Arupadhatu atau setara dengan 283 meter di atas permukaan laut. Dengan begitu, 22 menara itu akan ditata ulang, dibentuk, atau di re-design ulang.

Penataan ulang setiap infrastruktur di sekitar kawasan Candi Borobudur tidak hanya berkaitan dengan menara telekomunikasi, tetapi meliputi menara listrik, sistem kamera pengawas, dan tanda-tanda evakuasi agar kawasan Borobudur lebih indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi menara telekomunikasi kemenkominfo
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top