Gandeng GE Healthcare, RSD Health Indonesia Transformasi Digital Radiologi

Akbar Evandio
Sabtu, 18 Juni 2022 | 22:21 WIB
Inovasi transformasi digital radiologi yang terintegrasi dengan menerapkan sistem Picture Archiving and Communication System (PACS) yang dilengkapi dengan aplikasi Edison Datalogue Connect (EDL) RSD Health Indonesia/Istimewa.
Inovasi transformasi digital radiologi yang terintegrasi dengan menerapkan sistem Picture Archiving and Communication System (PACS) yang dilengkapi dengan aplikasi Edison Datalogue Connect (EDL) RSD Health Indonesia/Istimewa.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ramsay Sime Darby (RSD) Health Indonesia resmi menggandeng GE Healthcare untuk melakukan transformasi digital bagi sistem radiologi yang terintegrasi dengan fitur terkini.

Vice President Information Technology RSD Health Indonesia Benedict Sulaiman menjelaskan bahwa sebelumnya RS Premier yang merupakan fasilitas kesehatan di bawah naungan RSD Health Indonesia telah menerapkan system PACS (Picture Archiving and Communication System) milik GE sejak 2014.

Adapun, kini GE telah melakukan berbagai inovasi pengembangan baru yang memungkinkan sistem PACS tidak hanya menjadi solusi pengarsipan data pasien dan platform komunikasi berbasis web, tetapi juga terintegrasi dan dilengkapi dengan visualisasi serta terhubung dengan sistem penyimpanan komputasi awan (cloud computing).

“Inovasi dan transformasi digital merupakan salah satu goal kami RSD Health Indonesia untuk dapat meningkatkan kualitas layanan dan dapat membuka peluang-peluang kerja sama baru dengan para mitra penyedia layanan kesehatan lainnya," kata dalam rilisnya, Sabtu (18/6/2022).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa proses implementasi sistem PACS yang baru telah mengadopsi komputasi awan sehingga akan memungkinkan Rumah Sakit perseroan saling mendukung dan berkomunikasi dalam memberikan layanan kepada para pasien.

Selain itu juga terbuka kesempatan bagi Rumah Sakit RSD Health untuk memberikan layanan kepada Faskes lainnya yang masih membutuhkan bantuan untuk pembacaan radiologi.

“GE dalam komitmennya mendukung transformasi digital ini menyediakan sistem PACS terbaru yang dilengkapi dengan aplikasi EDL (Edison Datalogue Connect),” ujarnya.

Chief Operating Officer Healthcare Digital GE Nalinikanth Gollagunta menyatakan pihaknya berkomitmen untuk mendukung transformasi digital radiologi di RSD Health, khususnya dalam proses implementasi PACS dan EDL yang terbaru dengan menggunakan komputasi awan, estimasi total waktu yang dibutuhkan setidaknya 6-8 bulan ke depan.

“Dengan adanya EDL, di ke depannya RSD Health membuka peluang untuk PACS dapat dilihat oleh para dokter spesialis secara remote bahkan dapat dimungkinkan untuk diintegrasikan ke mobile application pasien”, ujar Benedict.

RSD Health merupakan bagian dari Ramsay Health Care Group Australia yang memiliki lebih dari 500 rumah sakit tersebar di Australia, Asia dan Eropa. RSD Health membawahi tujuh fasilitas kesehatan di mana tiga di antaranya berlokasi di Indonesia, yaitu RS Premier Jatinegara, RS Premier Surabaya, dan RS Premier Bintaro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper