Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Badai PHK Startup, Investor Mulai Ambil Langkah Berikut

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada Kabinet Kerja (2014–2019) Rudiantara menyampaikan arus investor masih potensial untuk mengalir.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 05 Juni 2022  |  02:12 WIB
Badai PHK Startup, Investor Mulai Ambil Langkah Berikut
Ilustrasi. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada Kabinet Kerja (2014–2019) Rudiantara menyampaikan, meskipun fenomena perusahaan rintisan (startup) tengah diterpa badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), tetapi arus investor masih potensial untuk mengalir.

Meski begitu, Rudiantara menekankan aliran suntikan dana akan bermuara kepada startup yang memiliki model bisnis yang jelas, sebab investor saat ini tidak akan menanam investasi dengan sembarang.

Bahkan, menurutnya startup yang valuasi hanya kepada traksi (traction), seperti mengacu pada jumlah pengunduh aplikasi dan pelanggan akan segera ditinggalkan.

"Kalau upaya menuju profitabilitas perusahaannya jelas, maka bagi investor itu tidak ada masalah, mereka akan sabar menunggu, sebab valuasi startup tidak hanya traction, tetapi dihitung berdasarkan EBITDA. Jadi, orientasinya investor berubah, startup harus menyesuaikan pola pikirnya investor," ujarnya kepada wartawan, Minggu (5/6/2022).

Lebih lanjut, Rudiantara mengatakan modal ventura akan tetap berinvestasi kepada peruashaan rintisan lantaran memang merupakan bagian dari ekosistem perusahaan rintisan

"Namanya venture capital (modal ventura) itu harus tetap investasi, kalau tidak nanti dia dituntut," katanya.

Sementara itu, Rudiantara melihat iklim startup terus mengalami pertumbuhan yang dipicu masa pandemi Covid-19, di mana perusahaan bergelar unicorn makin tumbuh bergeliat yaitu ada sembilan startup yang lahir saat masa pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi modal ventura StartUp perusahaan rintisan
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top