Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Google Prediksi Ekonomi Digital Indonesia Capai US$140 Miliar pada 2025, Asal..

Pemerintah melalui Kemenkominfo juga terus menindaklanjuti kerja sama dengan Google mengenai ekositem digital agar makin bermanfaat bagi masyarakat.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 24 Mei 2022  |  14:23 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan paparannya saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR tentang perkembangan persiapan pelaksanaan digitalisasi penyiaran (ASO) di komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (16/11/2021). - Antara\r\n\r\n
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan paparannya saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR tentang perkembangan persiapan pelaksanaan digitalisasi penyiaran (ASO) di komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (16/11/2021). - Antara\\r\\n\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Raksasa teknologi dunia, Google memproyeksikan potensi ekonomi digital Indonesia pada 2025 akan tumbuh mencapai US$140 miliar.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johhny G. Plate mengatakan proyeksi tersebut bisa tercapai jika Indonesia mampu memanfaatkan ruang digital dan menghindari penyalahgunaan penggunaan teknologi informasi.

"Pengembangan ekonomi digital jadi salah satu strategi utama transformasi ekonomi Indonesia dan ditujukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19," katanya dalam siaran pers, Selasa (24/5/2022).

Selain itu, Menkominfo menyebut pengembangan ekonomi digital ini juga didorong oleh adanya pergeseran perilaku masyarakat yang cenderung menggunakan platform digital di berbagai sektor.

Google, sambung dia, mempunyai atensi yang cukup tinggi karena perkembangan digital ekonomi Indonesia selama Covid-19 bertumbuh positif.

"Tahun 2021 ekonomi digital jadi double digit dan pada 2022 kuartal pertama tumbuh sebesar tujuh persen," ucapnya.

Lebih lanjut Johnny menuturkan, pemerintah melalui Kemenkominfo juga terus menindaklanjuti kerja sama dengan Google mengenai ekositem digital agar makin bermanfaat bagi masyarakat.

Adapun kerja sama yang sudah dilakukan antara lain program pengembangan sumber daya manusia, pemanfaatan sistem digital, dan penanggulangan berita hoaks.

“Dengan memperluas jaringan infratruktur dan penguatan sumber daya manusia, maka peluang ekonomi digital makin bermanfaat," imbuh Johnny.

Sebagai tambahan, tren positif perkembangan ekonomi digital juga sejalan dengan perkembangan investasi. Hasil studi Google, Temasek, Bain & Company pada 2021 menunjukkan bahwa nilai investasi ekonomi digital Indonesia sepanjang kuartal I/2021 sebesar US$4,7 miliar dan telah melampaui nilai tertinggi selama empat tahun terakhir.

Capaian tersebut menjadikan Indonesia sebagai tujuan investasi terpopuler di Asia Tenggara, melampaui Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google kemenkominfo ekonomi digital
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top