Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akhirnya, Apple Dikabarkan Melakukan Uji Coba iPhone dengan Port USB-C

Apple tengah melakukan uji coba penggunaan USB port tipe C untuk iPhone.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 Mei 2022  |  15:36 WIB
iPhone SE 2022 - Apple
iPhone SE 2022 - Apple

Bisnis.com, SOLO - Analis khusus Apple, Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa uji coba port USB-C yang akan dimemarkan pada produk iPhone.

Dalam pemberitaan Bloomberg, Apple diduga menggarap sebuah adaptor yang memungkinkan iPhone masa depan memiliki port USB-C dengan aksesoris yang didesain untuk konektor Lightning-nya saat ini.

Belum jelas apakah Apple akan membuatnya satu paket dengan ponsel ataukah menjualnya terpisah. Menilik reputasi Apple, kelihatannya pelanggannya harus mengeluarkan uang tambahan untuk adaptor itu.

Salah satu alasan migrasi dari konektor jenis Lightning ke USB-C adalah dorongan di Uni Eropa agar setiap perangkat elektronik berkelengkapan port USB-C.

Apple memandang regulasi Eropa yang mewajibkan hanya satu tipe konektor untuk seluruh perangkat elektroniknya yang ada di pasaran hanya akan merugikan konsumen di benua itu.

"Karena akan menghambat mereka mendapatkan manfaat dari inovasi-inovasi dalam standar pengisian baterai (charging), termasuk di dalamnya yang berhubungan dengan keselamatan dan efisiensi energi,"

Uni Eropa telah menanggapi dengan membantah inisiatif USB-C menghambat inovasi.

"Proposal yang ada menyatakan kalau ada standar baru muncul yang lebih baik daripada USB-C, kami bisa mengadaptasinya," bunyi pernyataan yang diberikan.

Meski begitu, dengan atau tanpa regulasi itu, pergeseran dari port Lightning ke USB-C memang akan menguntungkan para pengguna iPhone dengan transfer data yang lebih baik dan charging yang lebih cepat.

Port USB ini pun diprediksi akan diberlakukan pada gadget iPhone 15 yang akan dirilis tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple iphone usb

Sumber : Tempo

Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top