Lebaran 2022, Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 21 Persen

Rahmi Yati
Minggu, 8 Mei 2022 | 12:30 WIB
Karyawan melayani pelanggan di pusat layanan pelanggan Telkomsel di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin(27/1/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Karyawan melayani pelanggan di pusat layanan pelanggan Telkomsel di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin(27/1/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Telkomsel mencatat adanya lonjakan trafik layanan data hingga 45.1 Petabyte (PB) atau tumbuh 21 persen pada momen Ramadan dan Lebaran 2022 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan lonjakan penggunaan layanan tersebut didorong dengan makin tingginya percepatan adopsi gaya hidup digital masyarakat saat ini, terutama sebagai dampak menyesuaikan kebiasaan baru di masa pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun terakhir.

"Telkomsel mencatatkan adanya lonjakan trafik layanan data pada periode Lebaran tahun ini sebesar 21 persen dibandingkan periode RAFI [Ramadan dan Idulfitri] tahun lalu, atau 9 persen dibanding hari biasa," ujar Saki, Minggu (8/5/2022).

Sementara itu untuk layanan SMS dan panggilan suara (voice) di momen Ramadan dan Idulfitri 2022, imbuhnya, masing-masing mengalami penurunan sebesar 31 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya.

Dia memerinci, lonjakan trafik komunikasi layanan data dan digital selama periode ini didorong dengan tumbuhnya aktivitas digital pelanggan yang meliputi akses layanan communication (instant messaging dan video conference) yang naik mencapai 21 persen, mobile gaming melonjak hingga 17 persen, streaming video sekira 16 persen, dan akses media sosial yang meningkat mencapai 3 persen, dibandingkan hari biasa.

"Sedangkan untuk akses layanan e-commerce mengalami penurunan sekira 38 persen, diikuti aktivitas browsing yang juga berkurang 7 persen," ujarnya.

Dia melanjutkan, Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform favorit seperti WhatsApp tumbuh 35 persen), TikTok naik 16 persen, Instagram naik 15 persen, YouTube naik 13 persen dan Facebook naik 1 persen.

Menurutnya, seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama RAFI 2022 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa.

"Seperti di wilayah operasional Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat naik sekira 43 persen, Kabupaten Garut, Jawa Barat tumbuh 34 persen, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah sebesar 50 persen, wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat naik sekira 28 persen, dan wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tumbuh 42 persen," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper