Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makin Gahar! Ini Bocoran Kamera Depan iPhone 14

Bocoran tentang kamera depan iPhone 14 itu datang dari Analis TF International Securities Ming-Chi Kuo.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 21 April 2022  |  15:06 WIB
Bocoran kamera depan iPhone 14 - Mac Rumors
Bocoran kamera depan iPhone 14 - Mac Rumors

Bisnis.com, JAKARTA - Apple belum lama ini meluncurkan  iPhone 13, akan tetapi beragam rumor mengenai iPhone generasi selanjutnya atau iPhone 14 sudah beredar lagi. Salah satunya adalah kamera depan iPhone 14 yang kabarnya akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. 

Melansir Phone Arena pada Kamis (21/4/2022), kabar terbaru tentang kamera depan iPhone 14 itu datang dari Analis TF International Securities Ming-Chi Kuo. Selama ini Kuo dikenal sebagai 'pembocor' spesifikasi produk Apple, lantaran prediksinya terkait spesifikasi produk tersebut nyaris tak pernah meleset.

Kuo mengungkapkan bahwa Apple akan menyematkan kamera depan dengan apertur atau bukaan f/1.9 yang belum diketahui berapa besar resolusinya. Selain itu, kamera ini juga akan memiliki fitur autofokus.

Sebagai catatan, apertur atau bukaan pada kamera adalah alat yang mengatur berapa banyak cahaya masuk ke lensa. Pengaturannya menggunakan simbol "f" yang berarti rasio panjang fokus dengan diameter bukaan.

Makin kecil angka yang mengikuti huruf "f", maka makin besar lubang apertur. Dengan demikian, makin kecil angka pada apertur maka semakin banyak cahaya yang masuk, hasil foto pun semakin cerah.

Apertur yang rendah juga ikut berpengaruh terhadap kedalaman gambar, alias efek bokeh. Untuk iPhone 13 kamera depannya memiliki apertur f/2.2 pada kamera depan dengan fokus tetap (fixed focus), alih-alih autofokus.

Adapun, autofokus merupakan kemampuan kamera untuk mencari dan menaruh fokus pada subjek gambar secara otomatis. Pengguna tidak perlu mencari sendiri benda yang akan dijadikan fokus seperti halnya pada fixed focus.

Menurut Kuo, kehadiran kamera depan dengan apertur lebih kecil dan auto fokus membuat iPhone 14 punya kemampuan lebih baik untuk panggilan video, aplikasi FaceTime, dan siaran langsung di platform media sosial. Tentu saja ini menjadi kabar yang menggembirakan mengingat aktivitas tersebut makin banyak dilakukan pascapandemi Covid-19.

Apple dikabarkan akan merilis empat iPhone pada September tahun ini, yaitu iPhone 14 reguler 6,1 inci, iPhone 14 Max 6,7 inci, iPhone 14 Pro 6,1 inci, dan iPhone 14 Pro Max 6,7 inci.

iPhone 14 disebut akan menggunakan kode kode D27 dan D28, akan menggunakan layar sebesar 6,1 inci dan 6,7 inci. Kemudian dua model lainnya dengan kode D73 dan D74 dikabarkan sedikit lebih besar karena akan ada desain baru bernama notch and pill.

Kemungkinan besar, dihilangkannya varian Mini adalah untuk 'menyelamatkan' iPhone SE 2022 yang belum lama ini dirilis. Karena memang selama ini banyak yang membandingkan iPhone SE 2020 atau 2022 dengan versi Mini dari iPhone 12 atau 13 walaupun harganya lumayan terpaut jauh. iPhone SE 2022 sendiri dijual dengan harga mulai dari US$429 atau sekitar Rp6,2 juta.

Kemudian untuk dapur pacunya, Apple masih menggunakan chipset A15 seperti yang digunakan pada iPhone 13 dan iPhone SE 2022 untuk dua model termurah atau entry level. Adapun, untuk dua model lainnya akan menggunakan chipset terbaru yang kemungkinan besar adalah chipset A15X, alih-alih A16X.

Sebab, merujuk apa yang dilakukan pada 2020, Apple menamai ulang chip A12X menjadi A12Z untuk iPad Pro. Apple kemungkinan besar akan melakukan hal serupa untuk chip A15, bisa saja menjadi A15X untuk iPhone 14 nanti.

Apple kemungkinan akan memberikan fitur komunikasi berbasis satelit di iPhone 14. Seperti diketahui, banyak yang mengira fitur tersebut akan dihadirkan pada iPhone 13. Sesuai dengan tradisi Apple setiap meluncurkan iPhone terbaru, iPhone 14 kemungkinan akan diluncurkan pada musim gugur. Kita tunggu saja ya bagaimana wujudnya iPhone 14.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget apple iPhone 13 iPhone 14
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top