8 Planet Diurutkan dari Matahari: Nama-Nama Planet di Tata Surya

Nabila Dina Ayufajari
Selasa, 19 April 2022 | 20:02 WIB
Planet Jupiter/ronggaside.blogspot.com
Planet Jupiter/ronggaside.blogspot.com
Bagikan

1Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus

4. Mars

Planet Mars merupakan planet ke-4 dalam urutan dari matahari. Planet Mars terlihat kemerahan karena bebatuannya berkarat saat bersentuhan dengan oksigen. Planet ini memiliki dua satelit, yaitu Phobos dan Deimos. Diameter Mars sekitar 6.787 km, yang merupakan setengah dari bumi; dan jarak rata-rata planet ini dari matahari adalah 228.000.000 km dan 142 juta mil (229 juta kilometer) dari bumi.

Siang dan malam di Mars hampir sama dengan di bumi dalam jangka waktu tertentu. Mars membutuhkan 687 hari untuk mengelilingi matahari yang merupakan tahun Mars. Planet ini membutuhkan waktu 24 jam 37 menit untuk berputar pada porosnya sendiri.

Ada gunung berapi, gunung, lembah, dan kawah di permukaan Mars dengan sedikit oksigen, jumlah karbon dioksida yang tinggi, dan tidak ada air cair yang membuat kehidupan tidak mungkin ada. Mars adalah planet berbatu keras yang mengandung oksida Besi (karat) sehingga disebut planet merah.

5. Jupiter

Jupiter adalah planet kelima dan terbesar di tata surya sehingga disebut sebagai raja planet. Yupiter memiliki diameter 142.984 km bila diukur di ekuator. Planet ini lebih besar dari bumi sekitar 1.300 kali dalam hal luas dan massanya dua kali lipat dari planet lain di tata surya.

Suhu permukaan atmosfernya sangat rendah tetapi di bagian dalam cukup tinggi, dengan suhu rata-rata 125 0C. Planet ini berjarak 772.800.000 km dari matahari. Atmosfer di sekitar Jupiter dicirikan oleh badai petir hebat yang lebih kuat dari apa yang kita alami di bumi ini.

6. Saturnus

Saturnus adalah planet terbesar ke-6 dan kedua setelah Jupiter. Matahari berjarak 1.417.600.000 km dari Saturnus. Ini sebenarnya adalah bola gas besar dengan diameter 120.000 km. Ukuran Saturnus 760 kali lebih besar dari planet Bumi. Saturnus membutuhkan 29 tahun dan 5 bulan untuk mengelilingi matahari sekali tetapi berputar pada porosnya sendiri dalam 10 jam 40 menit.

Ada ribuan cincin dengan warna berbeda yang mengelilingi Saturnus. Ia memiliki 22 satelit alami di luar cincinnya dengan Titan, Hua, Dion, Capitus, dan Tethris sebagai cincin utama. Permukaan Saturnus tetap tertutup es. Atmosfer mengandung hidrogen, campuran helium, metana, dan gas amonia.

7. Uranus

Uranus adalah planet terbesar ketiga dan planet ketujuh dalam urutan jarak dari matahari. Ini mencakup jarak 2.870.972.170 km dari matahari. Uranus membutuhkan waktu sekitar 84 tahun untuk menyelesaikan satu putaran mengelilingi matahari, tetapi hanya membutuhkan waktu 10 jam 49 menit untuk berputar pada porosnya sendiri. Diameternya adalah 31.764 mil (51.119 km) dan ditutupi dengan awan biru-hijau, karena gas metana di atmosfer di atasnya.

Suhu di puncak awan adalah -3700F (-2200C), atmosfer mengandung persentase tinggi metana beku dan memiliki suhu rata-rata 1700C. Baru-baru ini, para ilmuwan telah menemukan beberapa cincin di sekitar planet ini, tetapi cincin ini tidak cerah. Uranus memiliki 5 (lima) satelit alam seperti Mirinda, Ariel, Ambriel, Titania, dan Oberon. Namun, para ilmuwan percaya mungkin ada beberapa inti es dan batu di pusat Uranus. Baca lebih lanjut tentang planet Uranus di sini.

8. Neptunus

Neptunus adalah planet ke-8 dalam urutan dari matahari dengan jarak dari matahari 4.468.800 km. Planet ini dingin, memiliki bintik hitam jika dilihat dari jauh, dikelilingi oleh awan biru. Neptunus memiliki luas yang setara dengan 72 Bumi dan 17 massa bumi.

Diameternya adalah 48.400 km. Atmosfer terbuat dari campuran gas, terutama metana beku, amonia, dan gas lainnya. Suhu di Neptunus di atas awan adalah -3550F (-2150C).

Neptunus memiliki dua satelit alami seperti Triton dan Nereid. Biasanya dibutuhkan 164,8 tahun bagi Neptunus untuk mengelilingi matahari. Baru-baru ini, dua cincin telah ditemukan ada di sekitar Neptunus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper