Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Komunitas Ini Buat Program Sekolah NFT di Tanah Air, Berminat?

Tidak hanya ilmu pengetahuan dasar, melalui program ini para kreator seni juga bisa belajar soal membuat karya NFT langsung bersama para pakar.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 16 April 2022  |  00:29 WIB
Warga mengakses situs Opensea, marketplace yang menjual karya non-fungible token (NFT) di Jakarta, Minggu (13/2/2022). Bisnis - Himawan L Nugraha
Warga mengakses situs Opensea, marketplace yang menjual karya non-fungible token (NFT) di Jakarta, Minggu (13/2/2022). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesian NFT Community (IDNFT) salah satu komunitas NFT di Indonesia, menyelenggarakan IDNFT Academy, program sekolah non-fungible token (NFT) di Indonesia. Program tersebut akan diselenggarakan pada April hingga Juni 2022.

Buat yang belum tahu, NFT merupakan sebuah token yang mewakili kepemilikan atas suatu karya atau benda koleksi digital. Singkatnya, NFT mengubah karya atau benda koleksi digital menjadi sebuah aset digital yang dapat diverifikasi dan diperdagangkan dengan memanfaatkan blockchain.

Adapun, blockchain itu seperti buku kas dari induk bank yang isinya berupa data transaksi nasabah. Aset digital yang dijual dalam bentuk NFT, akan memiliki sertifikat digital yang menandakan keaslian aset tersebut meski tiruannya sudah banyak beredar di dunia maya.

Pendiri IDNFT Budi Santosa mengatakan pihaknya ingin memfasilitasi sesama kreator tanah air untuk dapat masuk ke ekosistem digital masa depan dan bersaing dengan kreator mancanegara. Oleh karena itu, pihaknya menghadirkan program IDNFT Academy sebagai wadah saling berbagi untuk para kreator Indonesia yang ingin belajar NFT dan Web 3.0 mulai dari dasarnya.

"Tidak hanya ilmu pengetahuan dasar, melalui program ini para kreator seni juga bisa belajar soal membuat karya NFT langsung bersama para pakar, bahkan berkesempatan untuk memamerkan karya mereka ke komunitas NFT dan kolektor di kancah internasional,” ujar Budi Santosa," katanya melalui keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis.com pada Jumat (15/4/2022).

Terdapat lima bidang seni yang akan masuk dalam kategori IDNFT Academy, yaitu visual 2D, 3D, fotografi, animasi atau motion, hingga musik. IDNFT Academy akan berlangsung selama kurang lebih tiga bulan dengan rangkaian kegiatan mulai dari Kickoff Session, NFT Class, Coaching Session, Mint Fund & Workshop hingga Metaverse Exhibition.

Sesi Kickoff yang akan diselenggarakan pada April merupakan acara diskusi via Twitter Spaces, YouTube Live, dan Instagram Live untuk menceritakan seputar program IDNFT Academy. Setelah itu, rangkaian acara akan dilanjutkan dengan NFT Class yang akan diselenggarakan pada April 2022 dan ditujukan bagi kreator terpilih.

NFT Class merupakan rangkaian kelas pembelajaran seputar dunia NFT dan Web 3.0, dari teori hingga praktik. Kelas ini bersifat publik, tetapi peserta harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Bagi peserta terpilih, selain dapat menghadiri kelas, mereka akan mendapatkan materi dan modul eksklusif yang bisa mereka pelajari.

Selanjutnya sesi coaching yang diselenggarakan pada Mei 2022. Sebanyak 150 kreator terpilih dari NFT Class akan mendapatkan kesempatan untuk berkonsultasi dengan para kreator senior di dunia NFT sesuai dengan bidang tujuan mereka, yaitu bidang 2D, 3D, animasi, fotografi, dan musik.

Setelah itu akan ada sesi Mint Workshop yang juga diselenggarakan Mei. Beberapa kreator terpilih dari NFT Class dan sesi coaching akan mendapatkan dana modal dan kesempatan pelatihan untuk melakukan minting karya NFT (pertama) mereka, dipandu langsung oleh para pakar dari perwakilan blockchain dan juga marketplace.

Acara terakhir merupakan pameran yang akan diselenggarakan pada Juni 2022. Di acara ini, karya-karya terpilih para kreator dari seluruh rangkaian IDNFT Academy, akan dipamerkan secara virtual di Metaverse Gallery untuk dipromosikan ke komunitas-komunitas NFT dan para kolektor secara internasional. 

IDNFT Academy diselenggarakan secara gratis serta bekerja sama dengan berbagai komunitas, kreator, kolektor hingga platform blockchain untuk saling berbagi ilmu, demi kemajuan ekosistem NFT dan Web 3.0 Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi digital NFT
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top