Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GoTo Beberkan Data Tren Konsumi Ramadan, Produk Ini Paling Laris

Mitra usaha GoTo yang berhasil menerapkan strategi yang tepat di bulan Ramadan berpotensi mendapatkan hasil penjualan yang lebih besar selama Ramadan dan setelahnya.
Ahmad Thovan Sugandi
Ahmad Thovan Sugandi - Bisnis.com 08 April 2022  |  00:31 WIB
GoTo Beberkan Data Tren Konsumi Ramadan, Produk Ini Paling Laris
Mitra layanan ojek daring Gojek menunjukkan logo merger perusahaan Gojek dan Tokopedia yang beredar di media sosial di shelter penumpang Stasiun Kereta Api Sudirman, Jakarta, Jumat (28/5/2021). Sejumlah mitra pengemudi Gojek berharap mergernya dua perusahan ?startup? Gojek dan Tokopedia memberikan dampak positif bagi kalangan mitra dengan meningkatnya bonus dan insentif karena penggabungan tersebut telah meningkatkan nilai atau valuasi perusahaan. - ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gojek dan GoTo membagikan beberapa data tren konsumsi Ramdan yang dapat digunakan sebagai acuan bagi para pemilik UMKM

Group Head Merchant Marketing Gojek dan GoTo Financial Bayu Ramadhan menyebut, seiring aktivitas kegiatan sehari-hari maupun berbelanja yang masih terpusat secara online, tren data menjadi sangat penting dipahami mitra usaha.

Hal itu dapat digunakan untuk memahami pergeseran pola konsumsi, melakukan adaptasi operasional usaha, hingga dapat membuat inovasi produk selama Ramadan.

"Mitra usaha dapat menentukan strategi yang efektif selama bulan Ramadan dengan memahami tren data, termasuk menentukan kapan dan bagaimana meningkatkan penjualan produk dan jasa di berbagai kanal, baik di outlet toko maupun media sosial," ujarnya dalma siaran pers, Kamis (7/4/2022).

Berdasarkan pembelajaran dari Gojek dan GoTo Financial bersama-sama mitra usaha melewati dua kali Ramadan selama pandemi, berikut insight dan tips bagi pelaku usaha pada tahun ini berdasarkan data internal Gojek dan GoTo Financial, untuk dapat memaksimalkan transaksi mereka selama bulan Ramadan.

Tren Pembayaran

- e-wallet masih menjadi mayoritas metode pembayaran konsumen di Indonesia melalui payment gateway Midtrans. Pada Ramadan 2021, data internal Midtrans menunjukkan bahwa GoPay menjadi metode pembayaran utama hingga lebih dari 60 persen transaksi, yang diikuti dengan transfer bank (13.5 persen) dan kartu kredit (10.5 persen).

- Pembayaran menggunakan kartu kredit di toko offline melalui GoBiz PLUS meningkat 46 persen di bulan Ramadan 2021, dibandingkan dengan waktu sebelum Ramadan.

- Organisasi non-profit memanfaatkan payment gateway untuk meningkatkan penerimaan donasi selama Ramadan. Transaksi Midtrans untuk kategori donasi meningkat hingga 75 persen selama Ramadan 2021.

Tren Produk Ritel dan Jasa

- Mitra usaha yang berhasil menerapkan strategi yang tepat di bulan Ramadan berpotensi mendapatkan hasil penjualan yang lebih besar selama Ramadan dan setelahnya. Terjadi peningkatan penjualan produk fashion & beauty di bulan Ramadan hingga 285 persen, dengan dibandingkan bulan-bulan sebelum Ramadan tahun 2021.

Walaupun terjadi penurunan penjualan setelah Ramadan 2021, rata-rata pendapatan mitra usaha sektor retail fashion & beauty masih lebih tinggi 107 persen dibandingkan sebelum Ramadan.

- Ramadan menjadi momentum bagi penjualan produk-produk digital penunjang gaya hidup, dimana transaksi konsumen Indonesia menggunakan GoPay untuk kategori hiburan meningkat hingga 78 persen, diikuti oleh produk-produk digital seperti pulsa (16 persen), dan games (4 persen).

Tren Pengantaran Makanan

- Sebagai pilihan utama pelanggan selama Ramadan, GoFood dapat diandalkan para UMKM dengan menitikberatkan promosi pada kanal media sosial menuju jam-jam tertentu. Mengacu pada Ramadhan 2021 lalu pesanan GoFood meningkat sekitar 17 persen di jam menjelang maghrib, menambah pesanan yang memang sudah ramai menjelang jam makan malam, dan meningkat 179 persen di jam sahur, dibandingkan bulan sebelumnya.

- UMKM dapat berinovasi di GoFood untuk menu-menu makanan dan minuman yang diminati masyarakat untuk takjil dan berbuka puasa. Selain menu jajanan dan aneka minuman yang banyak dipesan sebagai takjil, menu favorit selama Ramadan berupa makanan pokok yaitu (1) Aneka nasi, (2) Makanan siap saji, dan (3) aneka ayam-bebek. Uniknya, makanan Internasional seperti Pizza, Pasta dan aneka makanan Jepang juga mendapatkan tren pesanan yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten Ramadan Goto GoTo Gojek Tokopedia
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top