Google Maps Bisa Cek Tarif Tol Indonesia untuk Mudik Lebaran

Rahmi Yati
Kamis, 7 April 2022 | 13:23 WIB
Tampilan Google Maps terbaru/istimewa
Tampilan Google Maps terbaru/istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Google Maps telah mengembangkan fitur tarif tol di Indonesia yang bisa dimanfaatkan penggunanya untuk keperluan mudik Lebaran 2022.

Dikutip dari laman PCMag, Kamis (7/4/2022), pembaruan ini mulai diluncurkan bulan ini untuk pengguna Android dan iOS. Fitur baru ini bertujuan mempermudah pengguna merencanakan perjalanan dan bisa lebih hemat menentukan rute selama melakukan perjalanan.

Fungsi ini mencakup hampir 2.000 jalan tol di Amerika Serikat (AS), Jepang, India, dan Indonesia. Informasi tarif tol mengacu data otoritas tol setempat, termasuk penggunaan metode pembayaran.

Google memastikan bakal lebih banyak negara-negara lain yang nantinya bisa menikmati fitur tarif tol di Google Maps.

“Layanan navigasi ini mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya penggunaan kartu tol atau metode pembayaran lainnya. Termasuk berapa biaya tol yang pada waktu tertentu ketika Anda akan melintasinya," kata Manajer Produk di Google Maps Rubén Lozano-Aguilera.

Untuk rute non tol juga masih bisa digunakan. Ini tersedia bila tujuan perjalanan memungkinkannya. Pengguna dapat memilih sepenuhnya menghindari petunjuk arah melintasi jalan tol, caranya ketuk tiga titik di sudut kanan atas dan pilih Hindari Tol.

Selain itu, Google Maps juga telah meningkatkan jumlah detail peta yang tersedia dengan menambahkan lebih banyak informasi tentang lampu lalu lintas, rambu berhenti, dan garis bangunan.

Pengguna akan segera melihat "detail yang disempurnakan" seperti bidang minat, dan di kota-kota tertentu bentuk dan lebar jalan (termasuk median jalan). Peta navigasi baru akan segera hadir di Android, Android Auto, iOS, dan CarPlay di "negara tertentu".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper